Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Mayoritas Sekolah dan Perguruan Tinggi Masih Belajar Daring

Rabu 20 Jan 2021 18:09 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Mendikbud RI, Nadiem Makarim, mengungkapkan daerah-daerah dengan kasus penularan Covid-19 cukup tinggi umumnya masih menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

Mendikbud RI, Nadiem Makarim, mengungkapkan daerah-daerah dengan kasus penularan Covid-19 cukup tinggi umumnya masih menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

Foto: Kemendikbud RI
Mayoritas sekolah masih memilih belajar dari rumah karena pandemi belum terkendali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa 32.400 sekolah telah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Angka itu setara dengan 15 persen dari seluruh sekolah yang ada di Indonesia.

"Sedangkan 186.552 sekolah lainnya masih belajar dari rumah," kata Nadiem dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Rabu, yang disiarkan langsung melalui akun Youtube Komisi X DPR RI.

Nadiem mengatakan bahwa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyerahkan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengatur penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Namun, daerah-daerah dengan kasus penularan Covid-19 cukup tinggi umumnya masih menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh.

Nadiem mencontohkan, di wilayah DKI Jakarta, baru satu persen sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Lalu, persentase sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka di Kota Surabaya dan Bandung baru tiga persen.

Sementara itu, di Kota Medan baru enam persen sekolah yang buka. Lantas, di Palembang ada lima persen sekolah yang mengadakan pembelajaran tatap muka.

"Meskipun kami sudah memberikan otoritas kepada pemerintah daerah untuk tatap muka, tingkat kemauan masih cukup rendah, apalagi di daerah yang cukup besar (tingkat penularannya)," kata Nadiem.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA