Rabu 20 Jan 2021 17:53 WIB

Kampung Halaman Ibu Kamala Harris Bersiap Rayakan Pelantikan

Harris akan mengukir sejarah, menjadi orang Asia Selatan pertama jabat wapres AS.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
 Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.
Foto: AP/Susan Walsh
Wakil Presiden terpilih Kamala Harris.

REPUBLIKA.CO.ID, THULASENDRAPURAM -- Sebuah desa kecil di India yang hijau subur dikelilingi oleh sawah bersiap melakukan perayaan. Mereka ingin melakukan hal yang berbeda beberapa jam sebelum Kamala Harris mengambil sumpah jabatannya dan menjadi wakil presiden Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/1).

Harris akan mengukir sejarah sebagai perempuan pertama, perempuan kulit berwarna pertama, dan orang pertama keturunan Asia Selatan yang memegang jabatan wakil presiden AS. Momen ini pun menjadi hal yang tidak biasa untuk warga kampung halaman kakek dari pihak ibunya di Thulasendrapuram.

Baca Juga

Warga daerah sekitar 350 kilometer dari kota pesisir selatan Chennai ini sangat gembira dan bersiap untuk perayaan. "Kami merasa sangat bangga bahwa seorang India terpilih sebagai wakil presiden Amerika," kata guru desa tersebut, Anukampa Madhavasimhan.

Kakek Harris pindah ke Chennai, ibu kota negara bagian Tamil Nadu, beberapa dekade lalu. Mendiang ibu Harris juga lahir di India, sebelum pindah ke AS untuk belajar di University of California. Dia menikah dengan pria Jamaika dan mereka menamai putrinya Kamala atau dalam bahasa Sansekerta berarti bunga teratai.

Menjelang pemilihan umum AS pada November, penduduk desa di Thulasendrapuram telah mengadakan upacara di kuil Hindu utama berdoa untuk sukses bagi Harris. Setelah kemenangannya, mereka menyalakan petasan dan membagikan permen dan bunga sebagai persembahan keagamaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement