Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Unhas Galang Donasi Posko Apotek Siaga di Sulbar

Rabu 20 Jan 2021 17:35 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andi Nur Aminah

Seorang anak menerima perawatan medis di lorong pintu masuk rumah sakit saat pasien dirawat di luar di tengah kekhawatiran gempa susulan di rumah sakit yang terkena dampak gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat.

Seorang anak menerima perawatan medis di lorong pintu masuk rumah sakit saat pasien dirawat di luar di tengah kekhawatiran gempa susulan di rumah sakit yang terkena dampak gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat.

Foto: AP Photo/Daeng Mansur
Tujuan posko ini membantu masyarakat Mamuju-Majene terutama logistik obat-obatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pharmacy Rescue Committee (PRC) Fakultas Farmasi Universitas Hasanuddin (Unhas) membuka donasi untuk mendukung misi Posko Apotek Siaga. Hal ini dimaksudkan guna membantu warga terdampak gempa di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar).

Tim koordinator kegiatan Khairunnisa menjelaskan PRC merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang kemanusiaan termasuk pada peristiwa bencana, khusunya di wilayah Sulawesi. PRC segera membuka donasi sesaat setelah gempa bumi mengguncang Sulawesi Barat pada 14 dan 15 Januari 2021.

"Tujuan utamanya adalah membantu masyarakat Mamuju-Majene dalam hal logistik obat-obatan, sandang, dan pangan. Kami juga terlibat sebagai tim medis di posko kesehatan di lokasi bencana. Sampai saat ini, donasi yang terkumpul sekitar 20 jutaan, open donasi juga masih kami buka sampai sekarang," kata Khairunnisa dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id pada Rabu (20/1).

Baca Juga

Khairunnisa mengatakan donasi akan disalurkan secara bertahap sesuai jadwal. Untuk tahap pertama, penyaluran bantuan akan dilakukan pada Rabu 20 Januari berkoordinasi dengan posko kesehatan pusat di wilayah Mamuju. 

"Melalui donasi ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dan membantu pemenuhan logistik dan obat obatan," sebut Khairunnisa.

Aksi kemanusiaan lain yang dilakukan PRC yakni dengan terjun langsung ke lokasi bencana dan membuka posko kesehatan yang berfokus pada logistik obat-obatan. Tenaga relawan berasal dari mahasiswa aktif dan apoteker. PRC juga bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dalam hal penyaluran obat-obatan.

"Tidak hanya donasi berupa uang, PRC juga menerima donasi berupa obat, perbekalan farmasi, makanan, air mineral dan logistik lainnya. Untuk donasi uang, kami menyediakan nomor rekening khusus. Sementara itu, logistik dapat diantarkan langsung ke alamat yang kami siapkan," ujar Khairunnisa.

Bagi yang berminat, saluran bantuan uang dapat dilakukan melalui Bank BNI dengan nomor rekening 0599671884, Bank Mandiri 1480014654530 dan Bank BRI dengan nomor rekening 155401002145533 atas nama Khairunnisa. Adapun donasi barang dapat diantarkan di alamat Ruko Griya Mulyas Asri No.7, Jln. Daeng Ramang, Sudiang, Makassar.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA