Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Joe Biden tak Relokasi Kedubes AS di Israel dari Yerusalem

Rabu 20 Jan 2021 17:15 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Presiden terpilih Joe Biden

Presiden terpilih Joe Biden

Foto: AP/Evan Vucci
Pada Mei 2018, AS memindahkan kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pemerintahan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak akan merelokasi Kedutaan Besar AS (Kedubes) di Israel dari Yerusalem. Hal itu diungkap calon menteri luar negeri Antony Blinken dalam sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS pada Selasa (19/1).

"Apakah Anda setuju bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel dan apakah Anda berkomitmen bahwa AS akan mempertahankan kedutaan kita di Yerusalem?" tanya Senator Republik Ted Cruz dari Texas kepada Blinken dalam sidang tersebut.

"Ya dan Ya," jawab Blinken menanggapi pertanyaan Cruz. Mengenai solusi dua negara di Palestina, Blinken mengatakan, Biden memikirkan cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel sebagai negara Yahudi dan demokratis. Pemerintahan Biden pun bakal berupaya memberikan Palestina sebuah negara yang menjadi haknya melalui solusi dua negara.

Baca Juga

"Saya pikir secara realistis, sulit untuk melihat prospek jangka pendek untuk bergerak maju. Yang penting adalah memastikan tidak ada pihak yang mengambil langkah yang membuat proses yang sudah sulit menjadi lebih menantang," kata Blinken.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA