Rabu 20 Jan 2021 15:38 WIB

Pedagang Daging Sapi, Harga Tinggi Pembeli tak Ada

Pedagang sebut sejak pandemi pembeli daging sapi sudah berkurang.

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah pedagang daging sapi beraktivitas di los daging saat aksi mogok jualan di pasar tradisional Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (20/1). Aksi mogok tersebut serentak dilakukan pedagang daging sapi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai Rabu (20/1) hingga Jumat (22/1)  sebagai bentuk protes imbas dari melonjaknya harga daging sapi mencapai Rp.130 ribu per kilogram. Republika/Thoudy Badai.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sejumlah pedagang daging sapi beraktivitas di los daging saat aksi mogok jualan di pasar tradisional Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (20/1). Aksi mogok tersebut serentak dilakukan pedagang daging sapi di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) mulai Rabu (20/1) hingga Jumat (22/1) sebagai bentuk protes imbas dari melonjaknya harga daging sapi mencapai Rp.130 ribu per kilogram. Republika/Thoudy Badai.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Harga daging sapi di tingkat pedagang naik. Kenaikan dikeluhkan pedagang karena daya beli masyarakat anjlok selama pandemi Covid-19.

Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Kranji Baru, bernama Rudi (34), menuturkan, harga daging sapi karkas di rumah potong hewan sudah mencapai Rp 90 ribuan per kilogram.  Sedangkan, satu karkas hanya mengandung 40 persen daging sapi utuh. Kondisi itu terjadi sejak Natal 2020.

Baca Juga

"Saya pedagang kayak gini nih memang kita khawatir, prihatin sudah barang mahal, yang belanja tidak ada," ujar Rudi saat ditemui di kiosnya, Rabu (20/1).

Dia mengatakan, berkurangnya pembeli daging sapi memang sudah terjadi sejak masa pandemi Covid-19 berlangsung. Rudi menyebut, konsumennya memang rata-rata adalah orang yang mampu membeli daging.

"Daging itu kan hanya kalangan menengah ke atas pembelinya mah. Yang menengah ke bawah kan masih banyak pilihan lauk pauk, ketemu beras saja Alhamdulillah," tuturnya.

Kondisi ini membuat hukum ekonomi tak berjalan sebagai mestinya. "Sekarang kalau modal sepaha Rp 90 ribu per kilo, kali timbangan 70 kilo gitu mungkin kalo ada daging sekian kilo kan persennya masuk, ini tidak masuk persentase (marginnya)," jelas dia.

Sebelum harga karkas naik, normalnya harga karkas per kilogram Rp 86 ribu. Sedangkan harga daging utuh yang dibeli dari tengkulak atau bandar dijual seharga Rp 110 ribu.

"Sebelum tanggal 25 itu daging bulat Rp 110 ribu. Kita jual Rp 120 ribu. Masih ada untung walau belum lagi menjaga timbangan. Kalau nggak jaga timbangan, pembeli itu suka minta tambahin. Kita sebagai pedagang bukannya pelit tapi itu kan persentase perdagangan," terangnya.

Dia pun berharap kondisi ini dapat segera berlalu. Sedianya rencana mogok jualan ini akan dilakukan hingga Sabtu mendatang. Rudi dan pedagang sapi lainnya tentu ingin harga daging sapi dapat kembali normal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement