Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

LTMPT Tegaskan Alumni Madrasah Bisa Ikut Seleksi PTN

Rabu 20 Jan 2021 17:33 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Muhammad Hafil

LTMPT Tegaskan Alumni Madrasah Bisa Ikut Seleksi PTN. Foto: Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong tengah belajar. (ilustrasi)

LTMPT Tegaskan Alumni Madrasah Bisa Ikut Seleksi PTN. Foto: Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong tengah belajar. (ilustrasi)

Foto: Republika/Agung Supri
Alumni Madrasah ditegaskan LTMPT bisa seleksi PTN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih menegaskan pihaknya tidak pernah melarang siswa lulusan madrasah tidak bisa ikut seleksi PTN. Informasi yang menyebut LTMPT melarang siswa madrasah mengikuti seleksi PTN sudah dipastikan hoaks.

"LTMPT tidak pernah menerbitkan aturan tentang larangan bagi siswa/lulusan MA keagamaan untuk mendaftar atau mengikuti SNMPTN, UTBK-SBMPTN 2021," kata Nasih, dalam keterangannya, Rabu (20/1).

Peraturan yang dimaksud yakni program studi yang ditawarkan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) pada SNMPTN dan SBMPTN hanya yang bersifat umum. Artinya, program studi keagamaan tidak akan masuk ke dalam SNMPTN dan SBMPTN.

"Khusus bagi program studi keagamaan, PTKIN akan menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) secara tersendiri," kata Nasih menambahkan.

Nasih mengatakan, siswa kelas XII tahun 2021 pada SMA/SMK/MA baik negeri maupun swasta dapat mendaftar seleksi masuk PTN. Khusus untuk jalur SNMPTN, siswa yang memenuhi syarat atau eligible diperbolehkan mengikuti seleksi jalur tersebut dengan memilih prodi yang ada di PTN, politeknik, serta PTKIN khusus prodi umum.

Sementara itu, untuk politeknik, prodi yang ditawarkan hanya D-4 saja. Di luar prodi yang sudah disebutkan, Nasih menjelaskan politeknik negeri menyelenggarakan PMB secara tersendiri, di luar SNMPTN dan SBMPTN.

Ia juga menambahkan, seleksi jalur SNMPTN menggunakan nilai rapor masing-masing siswa. Kesesuaian nilai mata pelajaran dengan prodi yang dipilih merupakan suatu pertimbangan dalam seleksi.  

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA