Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

Saturday, 15 Rajab 1442 / 27 February 2021

UE Desak Joe Biden Pimpin Perang Global Lawan Covid-19

Rabu 20 Jan 2021 14:12 WIB

Red: Nur Aini

Presiden terpilih Joe Biden

Presiden terpilih Joe Biden

Foto: AP/Evan Vucci
Joe Biden didesak mengambil langkah dalam memerangi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSEL -- Petinggi hubungan luar negeri Uni Eropa (EU) mengatakan dunia membutuhkan kepemimpinan Amerika Serikat (AS) dalam peperangan melawan Covid-19. Dia mendesak Presiden-terpilih Joe Biden untuk mengambil langkah usai pemerintahan Trump yang dikritik secara luas karena respons lambat terhadap pandemi.

Dengan negara-negara maju mengambil jauh lebih banyak dosis dari berbagai vaksin virus corona dibandingkan negara-negara yang lebih miskin, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan, semua tergantung kepada AS untuk mengambil kembali tempatnya sebagai "mesin dunia" dan membantu.

"Tahun ini, dunia akan menghadapi salah satu tantangan terbesar, yakni untuk memvaksin umat manusia. Upaya ini akan membutuhkan banyak solidaritas, banyak kerja sama dan cukup banyak sumber daya," kata Borrell saat diwawancara oleh Reuters.

Baca Juga

"Ini krisis global pertama di mana kepemimpinan AS telah hilang dan dunia membutuhkan kepemimpinan Amerika," kata Borrell, menjanjikan dukungan EU kepada Washington.

Dalam pandemi yang telah menewaskan hampir 400 ribu warga AS dan mengancam ekonomi AS, penanganan virus oleh Presiden Donald Trump telah dikritik di dalam negeri, melemahkan respons internasional yang luas.

Borrell juga mengusulkan pembangunan kembali hubungan trans-atlantik setelah era Trump, dan menggambarkan pendekatan 'America First' Trump sebagai pemerintahan melalui platform media sosial Twitter.

"Hanya dengan dua hal, AS kembali ke perjanjian iklim dan bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir dengan Iran, dunia akan jauh lebih baik dan lebih aman," katanya di hari terakhir Trump sebagai presiden.

"Setelah memerintah dengan mengunggah cuitan (tweet), mungkin kita bisa memerintah dengan cara komunikasi lain, menentukan posisi dan mempertimbangkan masalah dan kepentingan orang lain," kata Borrell dari kantornya di Komisi Eropa.

Menghemat waktu

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA