Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Friday, 2 Syawwal 1442 / 14 May 2021

Penyebab Banjir Gunung Mas Puncak, Ade: Masih Diinvestigasi

Rabu 20 Jan 2021 12:27 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin saat meninjau lokasi pengungsian warga Komplek Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (20/1).

Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin saat meninjau lokasi pengungsian warga Komplek Gunung Mas Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (20/1).

Foto: dok. Istimewa
Kejadian banjir bandang ini baru pertama kali terjadi di kawasan Gunung Mas.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor belum bisa menerka apa penyebab banjir bandang yang melanda Komplek Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor. Sebab, hal tersebut masih diinvestigasi Badan Informasi Geospasial (BIG).

Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan, ada hal yang harus dipelajari seperti apakah ada kesalahan dalam pengaturan tata ruang atau ada penggundulan di hutan bagian atas. Sehingga, menyebabkan sungai tidak mampu menampung air serta material banjir. 

Untuk itu, Ade Yasin mengaku, tidak berani mengatakan penyebab banjir secara sembarangan. “Jadi saya juga tidak berani sembarangan mengatakan ini akibat ini, akibat ini, kan belum ketauan kok. Saya belum terima laporan seutuhnya, karena kita tidak boleh menerka-nerka ya. Jadi harus ada kajian profesional dari para ahli,” ucapnya kepada wartawan di Gunung Mas Puncak, Rabu (20/1).

photo
Genangan lumpur dan material banjir di kawasan Komplek Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor, pasca banjir bandang, Selasa (19/1). - (Republika/Shabrina Zakaria)
 
 
Ade Yasin mengatakan, banjir bandang ini baru pertama kali terjadi di kawasan Gunung Mas. Meskipun, untuk longsor kecil memang sempat terjadi di beberapa titik sebelumnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA