Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Seluruh Korban Longsor Cimanggung Ditemukan

Rabu 20 Jan 2021 10:43 WIB

Rep: Djoko Suceno/ Red: Agus Yulianto

Foto udara bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Tim SAR gabungan masih mencari sedikitnya 24 korban hilang yang telah terdata akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (9/1) lalu.

Foto udara bencana tanah longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Tim SAR gabungan masih mencari sedikitnya 24 korban hilang yang telah terdata akibat bencana tanah longsor yang terjadi pada Sabtu (9/1) lalu.

Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Dua korban terakhir yang ditemukan  berjenis kelamin laki laki dan peremuan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Seluruh korban musibah tanah longsor yang berjumlah 40 orang orang di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, berhasil ditemukan. Dua korban terakhir yang ditemukan  berjenis kelamin laki laki dan peremuan. 

"Seluruh korban berhasil ditemukan. Dan operasi pencarian saya nyatakan ditutup tadi malam," kata Kepala Kantor SAR Bandung,  Deden Ridwansah, kepada Republika.co.id, Selasa (19/1).

Menurut Deden, dua korban terakhir yang ditemukan yaitu yaitu berjenis kelamin laki laki dan peremuan. Identitas keduanya masih dilakukan idenfitikasi oleh petugas Biddokes Polda Jabar di Puskesmas Cimanggung. "Kedua korban ditemukan tadi malam sekitar 19.59 dan hamir berbarengan," ujar dia.

Sebelumnya, sekitar pukul 15.40 tim SAR gabungan juga menemukan dua jenazah korban atas nama  Melati Natasya Sihombing (12 tahun) dan Cincin Rosa Arga Pasaribu (12). "Kedua korban ditemukan di sektor dua. Korban kemudian dilakukan identifikasi," ujar dia.

Dikatakan Deden, seluruh personel yang terlibat dalam uaya encarian korban longsor telah kembali ke satuannya masing masing. Ia menyamaikan, terima kasih keada seluruh ersonel tim gabungan yang terlibat dalam encarian dan evakuasi korban. 

"Selama sembilan hari kami bahu membahu melakukan pencarian dan evakuasi. Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh personel tim SAR gabungan dan masyarakat sekitar," tutur dia.  

Sebagaimana diketahui, musibah tanah longsor melanda sebuah permukiman di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Sabtu (9/1) sekitar pukul 17.00. Akibat longsor tersebut belasan rumah warga tertimbun tanah. Korban meninggal dunia dan berhasil ditemukan sebanyak 40 orang. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA