Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Kembali Erupsi, Gunung Sinabung Masuk Status Siaga

Rabu 20 Jan 2021 08:06 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih

Gunung Sinabung.

Gunung Sinabung.

Foto: BNPB
Warga diminta tak beraktivitas dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gunung Sinabung, Sumatra Utara kembali berada pada Status Level III (Siaga) karena erupsi yang terjadi pada Rabu (20/1) pukul 05:25 WIB. Namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sekitar 3 menit 21 detik.

Baca Juga

Terkait hal ini, Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi merekomendasikan agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi. Warga diminta tak beraktivitas di lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik," kata Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/1).

Selain itu, masyarakat direkomendasikan untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA