Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Tips Sukses Kuliah Online agar Tetap Efektif di Masa Pandemi

Rabu 20 Jan 2021 06:44 WIB

Red: Irwan Kelana

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukses menempuh kuliah online.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukses menempuh kuliah online.

Foto: Dok UBSI
Dua di antaranya adalah perhatikan absensi dan jangan menumpuk tugas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program kuliah online melalui konsep pembelajaran e-learning sebelum masa pandemic  sudah dikenal sebagai konsep pembelajaran masa depan yang mulai dikembangkan di kampus-kampus ternama di Indonesia. Salah satunya di kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

“Tidak  hanya kampus di Indonesia yang menjalankan model belajar online.  Kampus-kampus di negara maju pun sudah banyak yang menjalankan kuliah secara online. Sistem belajar jarak jauh ini dirancang khusus dengan kualitas lulusan yang sama dengan yang kuliah secara konvensional,” tutur Rektor Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Mochamad Wahyudi, Selasa (19/1).

Ia melanjutkan, kuliah online kini menjadi aktivitas rutin di tengah pandemi Covid-19. Dengan memanfaatkan teknologi dan internet, mahasiswa diimbau tetap di rumah untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

Imbauan physical distancing (menjaga jarak) membuat beberapa kegiatan harus dikerjakan di rumah. Salah satunya kegiatan perkuliahan. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dan dosen.

“Sebelum pandemi, mahasiswa dan dosen bertatap muka langsung. Namun kini kegiatan perkuliahan harus dilaksanakan melalui daring atau kuliah online. Mahasiswa dan dosen harus menyiapkan berbagai perangkat, seperti laptop, handphone, maupun jaringan internet,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Wahyudi mengemukakan, untuk memaksimalkan kuliah, walaupun dengan kuliah online,  mahasiswa perlu tahu beberapa tips yang perlu dijalani. Pertama yakni absensi dan aktif saat kuliah.

“Perkuliahan online tentunya menghemat waktu karena kamu tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan. Namun, kamu harus bertanggung jawab dengan kefleksibelan waktu selama kuliah online,”  kata Wahyudi.

Tips kedua yakni jangan menunda tugas yang diberikan oleh dosen. “Dalam perkuliahan online, hal yang harus kamu hindari yakni menumpuk tugas,”  tuturnya.

“Tips ketiga yaitu menciptakan suasana kuliah yang baik. Meskipun kuliah online dapat dilakukan di rumah maupun tempat kost, kamu tetap harus mengenakan pakaian rapi dan bersih. Bangun suasana yang baik layaknya kamu datang ke kampus sehingga 'mood' belajarmu menjadi lebih positif,” jelasnya.

Tips terakhir yang disebutkan oleh rektor kampus UBSI ini adalah cari ruang belajar yang nyaman. Kendala kuliah online yang sering terjadi pada mahasiswa adalah sulit berkonsentrasi. Sebaiknya, mahasiswa mencari ruangan yang tenang agar kegiatan belajar-mengajar dapat dilakukan tanpa distraksi.

“Kampus UBSI kini juga telah melakukan kerja sama dengan Pintaria untuk mewujudkan blended learning yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Kerja sama ini sebagai modal untuk menciptakan layanan pendidikan yang optimal kepada mahasiswa yang tidak bisa mengikuti pendidikan secara tatap muka,” bebernya.

Ada beberapa prodi di UBSI yang akan menerapkan pembelajaran sistem blended learning, sebagai upaya kesiapan dalam menyambut kenormalan baru (new normal). Di antaranya Prodi Sistem Informasi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi dan Manajemen untuk Srata Satu (S1). Sementara Prodi Sistem Informasi dan Prodi Penyiaran untuk jenjang Diploma 3 (D3).

"Semoga segala upaya ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa, agar kuliahnya tetap efektif dan menghasilkan ilmu yang berkualitas," tutup Wahyudi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA