Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Orang Meninggal Masih Bisa Lihat dan Dengarkan Gerakan Kita?

Rabu 20 Jan 2021 05:57 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Teks menyebutkan orang meninggal masih bisa lihat dan dengar. Muslim saat melakukan ziarah kubur (ilustrasi).

Teks menyebutkan orang meninggal masih bisa lihat dan dengar. Muslim saat melakukan ziarah kubur (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Teks menyebutkan orang meninggal masih bisa lihat dan dengar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Orang yang sudah meninggal dan berada dalam alam kubur atau alam barzakh, secara kasat mata, memang sudah tidak bergerak. 

Pertanyaannya, benarkah mereka yang sudah meninggal masih bisa mendengar hiruk pikuk yang terjadi di dunia?

Imam Al-Bukhari di dalam kitab Shahihnya meriwayatkan dari Anas bin Malik RA bahwasanya Nabi SAW bersabda: 

Baca Juga

عن أنس بن مالك -رضي الله عنه- أنّ رسولَ اللهِ -عليه الصّلاة والسّلام- قال: إنّ العبدَ إذا وُضِعَ في قَبرِه وتولى عنه أصحابَه، وإنه ليسمعُ قَرْعَ نعالِهم، أتاه ملكانِ، فَيُقعَدانِه فيقولانِ: ما كنتَ تقولُ في هذا الرجلِ، لمحمدٍ صلى الله عليه وسلم، فأما المؤمنُ فيقولُ: أشهدُ أنه عبدُ اللهِ ورسولُه، فَيُقالُ له: انظرْ إلى مقعدِكَ من النارِ، قد أبدلك اللهُ به مقعدًا من الجنةِ، فيراهما جميعًا. قال قَتادَةُ وذكر لنا: أنه يُفْسحُ في قبرِه، ثم رجع إلى حديثِ أنسٍ، قال: وأما المنافقُ والكافرُ فَيُقالُ له: ما كنتَ تقولُ في هذا الرجلِ؟ فيقولُ: لا أدري، كنتُ أقولُ ما يقولُ الناسُ، فَيُقالُ: لا دَريتَ ولا تَليتَ، ويُضْرَبُ بِمَطارِقَ من حديدٍ ضربةً، فيصيحُ صيحةً، يَسمعُها من يليِه غيرَ الثقلين

Hadits tersebut menyebutkan bahwa, apabila seorang hamba telah dimakamkan di dalam kuburnya, lalu teman-temannya yang mengantar kemudian pergi meninggalkannya hingga dia benar-benar mendengar ketukan sandal mereka menjauh, kemudian dia akan didatangi dua orang malaikat. 

Lalu kedua malaikat itu bertanya kepada si mayit,  ‘Apa yang dahulu kamu ketahui tentang laki-laki ini (Muhammad)?’ 

Jika dia orang yang beriman maka dia menjawab: ‘Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan utusanNya’. Lalu malaikat itu mengatakan kepadanya, bahwa sebelumnya dia akan ditempatkan di nereka. Tetapi Allah telah menggantinya dengan tempat di surga.  

Nabi SAW bersabda: “Maka dia melihat kedua tempat  tersebut. Sedangkan orang kafir atau munafik, dia akan menjawab: ‘Aku tidak tahu. Aku dahulu mengatakan apa yang dikatakan oleh orang-orang’.  

Maka malaikat pun berkata kepada si mayit, ‘Kamu tidak tahu dan tidak membaca’. Kemudian dia dipukul dengan palu dari besi tepat di antara kedua telinganya. Maka ia pun menjerit dengan jeritan yang bisa didengar oleh makhluk yang ada di dekatnya, kecuali dua makhluk (bangsa jin dan manusia).”

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA