Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Apakah Para Malaikat akan Meninggal Layaknya Manusia?

Rabu 20 Jan 2021 05:40 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT . Ilustrasi malaikat

Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT . Ilustrasi malaikat

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Malaikat pada dasarnya adalah makhluk Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Hanya saja, dia diciptakan dengan sejumlah keistimewaan, salah satunya adalah tak pernah melakukan maksiat. 

Apakah malaikat juga akan menghadapi kematian layaknya makhluk Allah SWT lainnya?

Malaikat  sebagaimana disebutkan dalam banyak teks, ditakdirkan untuk mati. Karena semua ciptaan Allah SWT, termasuk manusia, jin, dan makhluk-makhluk lainnya akan mati. Hal ini dijelaskan dalam Alquran Surah az-Zumar ayat 68:

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَصَعِقَ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ إِلَّا مَنْ شَاءَ اللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنْظُرُونَ “Dan sangkakala pun ditiup maka matilah semua (makhluk) yang di langit dan di bumi kecuali mereka yang dikehendaki Allah. Kemudian, ditiup sekali lagi (sangkakala itu) maka seketika itu mereka bangun (dari kuburnya) menunggu (keputusan Allah).”

Ibnu Katsir, menjelaskan dalam kitab tafsirnya, malaikat termasuk dalam ayat ini.  Karena mereka ada di langit dan kematian terjadi pada pukulan kedua yang disebut petir dan dalam pukulan ini semua orang yang hidup akan mati baik makhluk langit dan bumi, kecuali mereka yang telah ditakdirkan Allah SWT.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA