Selasa 19 Jan 2021 21:11 WIB

Sandiaga Harap Pengembangan Desa Wisata Buka Lapangan Kerja

Menparekraf berharap pengembangan desa wisata buka lapangan kerja

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap pengembangan desa wisata lokal bakal membuka lapangan pekerjaan. Dia mengatakan, masyarakat akan menjadi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat menggerakkan ekonomi desa.

"Dalam pembangunan desa wisata ini kami tidak ingin hanya menjadikan masyarakatnya sebagai penonton, tetapi juga pemain yang dapat membuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga dalam keterangan, Selasa (19/1).

Baca Juga

Dia mengungkapkan bahwa setidaknya ada 244 desa wisata yang akan fokus digarap kemenparekraf di 2021 ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Dia mengatakan, ratusan desa tersebut berbeda dari lima destinasi super prioritas yang dikembangkan pemerintah.

Sandi mengatakan, guna mempercepat proses pengembangan desa wisata maka kemenparekraf berkolaborasi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Menurutnya, diperlukan sinergi untuk mengangkat desa wisata, membuka lapangan kerja seluas-luasnya sambil memajukan kesejahteraan bangsa.

Sandiaga mengaku telah mengadakan pertemuan dengan Wakil Menteri PDTT Budi Arie Setiadi. Dalam pertemuan itu, dia menyinggung data dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) pada tahun 2020 ada 12 ribu lebih desa yang belum punya akses internet.

"Ini yang perlu kita benahi bersama. Bagaimana kita bisa mempromosikan tempat-tempat potensi wisata ini jika masyarakat sulit mendapatkan akses pada internet," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement