Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

Wednesday, 19 Rajab 1442 / 03 March 2021

'Sanitasi Jadi Faktor Penting untuk Jaga Kehigienisan'

Selasa 19 Jan 2021 20:00 WIB

Red: Fernan Rahadi

Toto sanitary (ilustrasi)

Toto sanitary (ilustrasi)

Foto: Toto
Untuk mengurangi resiko penyebaran virus, produk sanitasi harus dijaga kebersihannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Risiko terkena Covid-19 hingga saat ini masih menjadi sebuah ancaman.  Secara global, grafik kasus orang yang terkena virus ini terus meningkat.  

Berdasarkan data dari situs Worldometers, yang terupdate hampir setiap menitnya, total kasus infeksi virus corona di seluruh dunia per hari ini, Selasa (19/1), telah mencapai 96.006.646, dimana dari jumlah tersebut sebanyak 2.049.253 orang meninggal dunia dan 68.627.840 orang dinyatakan pulih.  

Berbagai cara telah dilakukan oleh berbagai pihak untuk memutus rantai penyebaran wabah virus ini.  Di Indonesia, pemerintah telah melakukan berbagai cara ampuh untuk mencegah penyebaran virus ini. Mulai dari menjaga jarak fisik (physical distancing), bekerja/belajar dari rumah (WFH/SFH), beribadah dari rumah hingga pemberian vaksin gratis yang akan dilakukan secara bertahap dan jika tidak ada aral melintang akan dimulai disuntikkan pada awal pekan ini.  

Namun, angka kasus tersebut akan terus meningkat jika masyarakat tidak ikut berupaya mengatasi virus tersebut dengan menuruti anjuran pemerintah.  Oleh karena itu, menerapkan pola hidup higienis demi kesehatan diri dan keluarga menjadi sebuah keharusan terutama kamar mandi dan toilet yang bersinggungan dengan kita sehari-hari, baik di tempat umum maupun khususnya, di rumah.

Demi menjaga kehigienisan, kini beberapa area publik seperti transportasi umum, mal, kantor maupun toilet telah mulai mengadopsi berbagai macam inovasi dan teknologi sanitasi, seperti i nirsentuh untuk fasilitas bersama (toilet, pintu, dan lain-lain) hingga kamera pengawas (CCTV) yang dilengkapi dengan pemindai suhu tubuh. 

Hal ini penting mengingat bahwa infeksi dapat terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus, kemudian tanpa sengaja memegang area mata, hidung atau mulut.  Pandemi  ini telah memaksa masyarakat untuk memiliki kebiasaan baru dan hidup lebih sehat serta higienis.  

Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia (TOTO), penyedia peralatan sanitasi terkemuka di Indonesia, mengungkapkan peralatan sanitasi merupakan faktor penting dalam memastikan kebersihan dan kesehatan, khususnya pada saat ini, di mana mencuci tangan adalah instrumen penting dari 3M, yang merupakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan WHO dalam upaya mencegah penularan virus corona. 

"Sejalan dengan komitmen kami, yaitu meningkatkan kesadaran dan kualitas sanitasi di Indonesia, TOTO berharap untuk tetap menjadi pelopor sejati di bidang kebersihan dan kenyamanan yang mengutamakan keamanan pengguna baik di rumah maupun di tempat-tempat umum," katanya dalam siaran persnya, Selasa.

Untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona, produk-produk sanitasi, baik di lingkungan umum atau pribadi, tetap harus dijaga kebersihannya dengan rutin dibersihkan. Apabila memungkinkan, produk tersebut di-upgrade menyesuaikan dengan kondisi saat ini, seperti misalnya penggunaan toilet tanpa sentuh (touchless flush).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA