Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sinovac Bela Kemanjuran Vaksinnya

Selasa 19 Jan 2021 18:32 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Vaksinator memperlihatkan vaksin COVID-19 Sinovac

Vaksinator memperlihatkan vaksin COVID-19 Sinovac

Foto: Rony Muharrman/ANTARA
Vaksin lebih efektif jika terdapat jeda lebih lama antara suntikan pertama dan kedua

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- China Sinovac Biotech Ltd membela kemanjuran vaksin Covid-19 yang dikembangkannya, yakni CoronaVac. Perusahaan itu mengklaim vaksinnya bekerja lebih efektif jika terdapat jeda lebih lama saat pemberian suntikan pertama dan kedua. 

"Kemampuan vaksin untuk melindungi pekerja medis dalam wabah aktif dapat meningkat secara signifikan jika mereka diberikan antara 21 atau 28 hari," kata Sinovac dalam sebuah pernyataan kepada Bloomberg pada Senin (18/1). 

Sinovac mengungkapkan, hampir 1.400 dari 13 ribu sukarelawan yang berpartisipasi dalam uji klinis CoronaVac menerima dosis pertama dan kedua dengan jeda tiga pekan. Sementara, sebagian besar sukarelawan yang berbasis di Brasil menerima suntikan kedua dengan jeda dua pekan. 

Baca Juga

Menurut Sinovac, tingkat perlindungan untuk kelompok lebih kecil hampir 20 poin persentase lebih tinggi dibandingkan pada mayoritas dengan tingkat 50,4 persen. Penjelasan Sinovac muncul setelah adanya tingkat kemanjuran yang berbeda di empat lokasi uji klinis. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA