Selasa 19 Jan 2021 17:18 WIB

DPR: Pemerintah Perlu Percepat Produksi Vaksin Merah Putih

Pemberian izin darurat dan produksi massal vaksin Merah Putih diprediksi Januari 2022

Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.
Foto: Dhemas Reviyanto/ANTARA FOTO
Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto menekankan pentingnya untuk mempercepat produksi vaksin Merah Putih. Hal itu bertujuan agar Indonesia ke depannya tidak lagi tergantung pada vaksin impor.

"Hal ini penting karena kita tengah berkejaran dengan waktu terkait pandemi Covid-19 ini. Komitmen terhadap 3 juta vaksin Sinovac sudah telanjur diambil pemerintah meski vaksin ini hanya memiliki efikasi sebesar 65 persen. Karena itu masih diperlukan tambahan lebih dari 100 juta dosis vaksin untuk vaksinasi penduduk Indonesia secara signifikan," kata Mulyanto di Jakarta, Selasa (19/1).

Baca Juga

Mulyanto mengemukakan, jumlah tersebut sangat besar dan secara bisnis merupakan pasar yang empuk. Menurut dia, produksi dan penggunaan vaksin Merah Putih sangat penting agar Indonesia tidak tergantung pada vaksin impor dan sekedar menjadi pasar bisnis vaksin semata.

Selain itu, Mulyanto khawatir uang negara yang terbatas terkuras habis hanya untuk membeli vaksin impor. "Karena itu sangat masuk akal kalau kita menggesa riset dan produksi vaksin Merah Putih agar segera digunakan bagi pemulihan pandemi," katanya.

Ia berpendapat, hal tersebut jangan sampai terlambat, yakni diproduksi pada saat pasar vaksin sudah jenuh. Mulyanto menambahkan pengadaan vaksin tidak boleh dimonopoli oleh satu produk dengan harga yang tak terkendali.

"Potensi pasar vaksin jangan hanya dinikmati oleh berbagai produk impor yang menyedot devisa negara. Untuk itu perlu intervensi negara untuk mendorong riset dan produksi vaksin Merah Putih," ucapnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement