Selasa 19 Jan 2021 15:40 WIB

Infrastruktur Digital Jadi Mesin Pemulihan Usai Pandemi

Infrastruktur digital tak kalah penting dengan listrik dan air.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Internet of Things
Internet of Things

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki target pada 2045. Pada 2045, Indonesia menargetkan masuk menjadi lima besar ekonomi dunia.

Tentunya, transformasi digital menjadi sangat penting sebagai bahan bakar berikutnya di Indonesia.Director of Strategy & Business Huawei Indonesia, Mohamad Rosidi mengatakan beberapa organisasi di dunia kini mengatakan digitalisasi sebagai hal yang sangat penting menuju akselerasi ataupun pemulihan setelah Covid-19. Organisasi dunia menyatakan digital infrastruktur itu tak kalah pentingnya dengan infrastruktur seperti listrik ataupun air.

Baca Juga

Vice President Public Affairs and Com munications Huawei Indonesia, Ken Qi, mengatakan, krisis global akibat pandemi telah memperkuat upaya dan keseriusan Huawei dalam mengembangkan teknologi-teknologi mutakhirnya. Termasuk, dalam mengontribusikannya sebagai solusi untuk mempercepat pemulihan kondisi berbagai sektor di berbagai belahan dunia.

Menurut dia, sebagai penyedia solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terdepan di dunia, Huawei menyambut baik terbangunnya sinergi multiple-helix dengan pe merintah, dunia akademik, pelaku industri dan komunitas untuk bersama-sama meningkatkan inklusi teknologi digital terdepan. Di antaranya, kecerdasan artifisial (AI), machine learning, big data analytics dan cloud melalui alih pengetahuan dan teknologi melalui program-program kolaboratif mereka.

"Pandemi telah menunjukkan pada kita akan efektivitas teknologi digital sebagai solusi, namun sinergi dan gotong royong digital tetap di perlukan untuk meningkatkan adop sinya," ujar Ken dalam acara media brief ing virtual "Mengakselerasi Digital Sebagai Post-Pandemic Recovery Engine", Kamis (14/1).

Selama pandemi, Huawei juga telah berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan dengan berbagai sektor dan industri dalam menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan-tantangan baru dan krusial yang muncul. Bersama dengan ope rator telekomunikasi, Huawei juga dengan sigap turut membangun teknologi jaringan di pulau-pulau yang dijadikan lokasi ka rantina pada saat pandemi baru muncul

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement