Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Argentina

Selasa 19 Jan 2021 15:21 WIB

Rep: Fergi Nadira/Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Gempa bumi (ilustrasi)

Gempa bumi (ilustrasi)

Serangkaian gempa susulan kemudian terjadi di Argentina

REPUBLIKA.CO.ID, SAN JUAN - Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang provinsi San Juan, Argentina, Senin (18/1) malam waktu setempat. Serangkaian gempa susulan kemudian terjadi di seluruh negeri.

Dilansir laman CNN, gempa susulan dengan magnitudo 5,0 melanda 27 kilometer selatan-barat daya Nueve de Julio. Gempa susulan itu berjarak 1.000 kilometer timur dari gempa pertama yang terjadi hampir 20 menit setelah gempa pertama.

Baca Juga

Kemudian, gempa bumi dengan magnitudo 4,9 mengguncang daerah yang sama pada gempa pertama. Diikuti gempa susulan dengan magnitudo 5,3.

Gempa dengan magnitudo 4,9, 5,0 dan 5,3 dianggap sebagai gempa susulan karena kekuatannya lebih kecil dari gempa utama dan di area yang sama. Berdasarkan data yang tersedia dari Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (PTWC), tidak ada ancaman tsunami saat ini.

Gubernur San Juan Sergio Unac mendesak masyarakat untuk tetap tenang setelah gempa melanda. "Mari kita praktekkan semua tindakan yang telah kita pelajari untuk mencegah insiden, sementara kita berkomitmen untuk mengetahui dampak (gempa) untuk berkolaborasi dalam segala hal yang diperlukan," ujarnya.

Unac menambahkan, bahwa provinsi tersebut bekerja dengan pasukan sipil dan keamanan untuk menanggapi bencana. Dia juga menegaskan pemerintah kota untuk menanggapi perawatan jika adanya korban.

Dalam pernyataan awalnya, PTWC mencatat kedalaman gempa sekitar 20 kilometer (12,43 mil). Menurut koresponden CNN en Espanol Agostina Montano di San Juan, itu adalah gempa kuat yang ia rasakan. "Semuanya jatuh dari rak rumah saya," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA