Selasa 19 Jan 2021 15:06 WIB

Siapa Sosok Nenek Nabi Muhammad SAW yang Jarang Dibahas? 

Sosok nenek Nabi Muhammad SAW berasal dari nasab mulia

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Sosok nenek Nabi Muhammad SAW berasal dari nasab mulia. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto: republika
Sosok nenek Nabi Muhammad SAW berasal dari nasab mulia. Rasulullah SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sosok nenek Nabi Muhammad SAW jarang muncul dalam pembahasan sejarah. Siapa sosok nenek Rasulullah? 

Muhammad bin Muhammad bin Abd al-Razzaq al-Husayni atau Abu al-Fayd, memberi penjelasan tentang nenek Nabi Muhammad SAW. Dia mengatakan, nenek Nabi SAW dari jalur ayah itu ada dua versi. 

Baca Juga

Pertama, dia memaparkan, Fatimah binti Aidh bin Amru bin Makhzun dianggap sebagai nenek Nabi SAW dari pihak ayah. Kedua, ada yang menyebut nama nenek Nabi SAW ialah Fatimah binti Amru bin Aidh bin Imran bin Makhzun.

Abdullah bin Muslim bin Qutayba al-Dinouri dalam kitabnya berjudul "Maarif" menyampaikan, ibu dari kakek Nabi Muhammad, Abdul Muthalib, adalah Salma binti Amr, dari Bani al-Najjar. Sebelumnya Salma menikah dengan Ahiha bin al-Jalah yang kemudian lahir Amr bin Ahiha. 

 

Dengan begitu, Amr bin Ahiha adalah saudara laki-laki Abdul Muthalib dari ibunya. Sedangkan ibu dari Hashim bin Abdul Manaf (ayah Abdul Muthalib), adalah Atikah binti Marra bin Hilal bin Falaj bin Dzakwan dari Bani Salim. 

Terkait ibu dari nenek Nabi Muhammad (dari jalur ayah), Ahmed bin Al-Hussein bin Ali bin Musa al-Khusrawjirdi al-Khurasani, Abu Bakr al-Bayhaqi memberi pemaparan. Dia menjelaskan, ibu dari nenek Nabi Muhammad (dari ayah) adalah Sakhra binti Abda bin Amran bin Makhzum. 

Kemudian, ibu dari Sakhra adalah Takhmur bin Abda bin Qusay bin Kilab bin Marra. Ibu dari Takhmur adalah Salma binti Amir bin Umairoh bin Wadiah bin al-Harits bin Fihr. Ibu dari Salma adalah saudara perempuan dari Bani Wailah bin Adwan bin Qais.

Sedangkan nenek Nabi SAW dari jalur ibu, Muhib al-Din Ahmad bin Abdullah al-Tabari menjelaskan, nenek Nabi Muhammad dari ibu yaitu Barrah binti Abdul Uzza bin Qusay bin Kilab bin Murroh.

Ibu dari Barrah binti Abdul Uzza (dari pihak ayah) yaitu Wahab Atika binti al-Awqas bin Marra bin Hala bin Falih bin Dzakwan dari Bani Salim.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%85%D8%A7_%D8%A7%D8%B3%D9%85_%D8%AC%D8%AF%D8%A9_%D8%A7%D9%84%D8%B1%D8%B3%D9%88%D9%84#cite_note-tEDsJDnJHK-3  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement