Selasa 19 Jan 2021 14:01 WIB

Tio Pakusadewo Divonis Satu Tahun Penjara

Tio Pakusadewo kedapatan menyimpan 11,32 gram lebih narkotika jenis ganja.

Aktor senior Tio Pakusadewo pernah dihukum sebelumnya dalam kasus penyalahgunaan narkoba pada 2017.
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Aktor senior Tio Pakusadewo pernah dihukum sebelumnya dalam kasus penyalahgunaan narkoba pada 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Tio Pakusadewo dengan pidana satu tahun penjara atas perkara tindak penyalahgunaan narkotika jenis ganja. Hakim juga menetapkan waktu penahanan dan masa penahanan yang telah dijalani oleh Tio Pakusadewo dikurangi dari pidana yang dijatuhkan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Tio Pakusadewo dengan pidana selama satu tahun," kata Hakim Ketua Florensani dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/1).

Baca Juga

Majelis hakim menyatakan, Tio terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan satu jenis ganja, sebagaimana disebutkan dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam putusannya, hakim juga mempertimbangkan pembelaan dari kuasa hukum terdakwa yang meminta agar Tio Pakusadewo menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Namun, hakim tidak dapat mengabulkan pembelaan terdakwa karena barang bukti yang ada di persidangan lebih dari lima gram sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2010. Dalam fakta persidangan, barang bukti nakotika jenis ganja yang ada pada Tio setelah ditimbang di laboratorium seberat 11,32 gram lebih.

"Hal yang memberatkan, terdakwa pernah dihukum sebelumnya terkait kasus penyalahgunaan narkoba dan perbuatan terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam perang terhadap narkoba," kata Hakim Florensina.

Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa berlaku sopan di persidangan, mengakui dan menyesali perbuatannya, serta menyimpan barang bukti untuk digunakan bagi diri sendiri. Putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan lebih ringan satu tahun dari tuntutan JPU yang menuntut Tio selama dua tahun penjara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement