Selasa 19 Jan 2021 06:10 WIB

Klaster Keluarga Paling Banyak Seusai Libur Nataru

Menjaga jarak dan memakai masker di tempat tinggal agak sulit

Klaster keluarga Covid-19
Foto: Republika
Klaster keluarga Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penularan Covid-19 di Tanah Air melonjak signifikan seusai libur Natal dan tahun baru (Nataru) kemarin. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut telah memperkirakan akan terjadi banyak klaster keluarga pasca-libur Natal dan tahun baru.

"Kami sudah memprediksi bahwa risiko penularan bisa terjadi di tingkat keluarga. Klaster keluarga paling berisiko karena sangat cepat menularnya," kata Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi, dalam konferensi virtual, Senin (18/1).

Menurut Sonny, masyarakat tidak mungkin menerapkan protokol kesehatan ketika berada di rumah. Artinya, menjaga jarak dan memakai masker di tempat tinggal agak sulit. Persoalan ditambah dengan mobilitas yang makin tinggi.

Dia menambahkan, ada dua jalur penularan virus dalam klaster keluarga, yaitu orang dari luar kemudian berkunjung ke keluarga atau anggota keluarga yang melakukan aktivitas di luar. Konten edukasi bukan hanya mengenai tentang mematuhi protokol kesehatan, melainkan juga sikap bagaimana kalau ada anggota keluarga beraktivitas di luar dan pulang ke rumah, termasuk membersihkan diri atau mandi. (rr laeny sulistyawati ed:mas alamil huda)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement