Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Tuesday, 1 Ramadhan 1442 / 13 April 2021

Airlangga Pernah Positif Covid, Istana Pun tak Tahu

Selasa 19 Jan 2021 11:53 WIB

Red: Andri Saubani

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat mendonorkan plasma darahnya untuk pasien positif Covid-19 di Jakarta, Senin (18/1).

Foto:
Status positif Covid Airlangga diketahui setelah dia jadi pendonor plasma konvalesen.

Kepastian Airlangga sebagai penyintas sudah dipastikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendy dalam Pencanangan Gerakan Nasional Pendonor Plasma Konvalesen yang dipublikasikan secara virtual, Senin (19/1).

Dalam sambutannya, Muhajir menyebutkan nama Airlangga sebagai salah satu penyintas yang melakukan donor. "Yang saya hormati, Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto yang pada hari ini menjadi salah satu penyintas yang mendonorkan plasma konvalesennya," ucapnya.

Muhadjir menambahkan, pemanfaatan donor plasma konvalesen bagi kesembuhan pasien Covid-19 sangat tinggi. Hal tersebut disampaikannya merujuk pada penelitian awal yang dilakukan RS Syaiful Anwar Malang.

Dampak positif donor plasma konvalesen terutama dirasakan oleh pasien penderita sakit tergolong berat yang diintervensi dengan plasma konvalesen. Muhadjir mengatakan, tingkat kesembuhannya mencapai 100 persen, sedangkan yang berstatus kritis angka kesembuhannya mencapai 85 persen.

Dalam kesempatan sama, Airlangga menyampaikan rasa syukurnya karena telah diberikan kesempatan sebagai pendonor. Ia berharap, banyak orang dapat melakukan hal serupa sehingga bisa membantu banyak pasien dan menekan jumlah pasien Covid-19 di Indonesia.

Airlangga menceritakan, dirinya telah melakukan berbagai persiapan untuk menjadi pendonor plasma sejak beberapa hari lalu, termasuk proses pemeriksaan oleh dokter. "Saya sudah di-screen oleh dokter. Alhamdulillah kalau lulus, berarti sehat, dan ini merupakan bagian dari syukur nikmat," kata ketua umum partai Golongan Karya (Golkar) itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA