Selasa 19 Jan 2021 12:47 WIB

Fitur Baru Android akan Kurangi Ukuran Aplikasi Nganggur

Fitur ini akan mengurangi jejak memori aplikasi yang tak dipakai pengguna ponsel.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Sistem android. Ilustrasi
Foto: Ubergizmo
Sistem android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Tim di Android Open Source Project sedang mengerjakan fitur yang disebut “hibernation”. Fitur ini akan mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan oleh pengguna ponsel Android.

Fitur hibernation ini masih dalam tahap awal pengembangan. Kemungkinan, akan disertakan dalam Android 12. Belum ada tanggal rilis resmi, tetapi Developer Preview of Android 11 keluar pada Februari 2020.

Baca Juga

Dilansir dari GSMArena, Selasa (19/1), hibernation adalah jika satu pengguna dari perangkat multi-pengguna memilih untuk menghibernasi aplikasi, cache aplikasi yang terkait dengan pengguna tersebut akan dihapus dan mengosongkan sedikit ruang. Hal tersebut sudah diterapkan.

Dari nama fiturnya, sepertinya aplikasi tidak akan dihapus secara permanen, tetapi mungkin ada cara untuk mengompresnya untuk menghemat ruang (bersama dengan pembersihan cache biasa). Catatannya, fitur hibernation ini tampaknya sama sekali tidak terkait (selain namanya) dengan fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi dan modul Xposed, yang menjeda eksekusi aplikasi yang mirip dengan status istirahatkan di bawaan Android.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement