Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tugas Sekda DKI Jakarta yang Baru Dinilai Berat

Selasa 19 Jan 2021 05:17 WIB

Red: Muhammad Hafil

 Tugas Sekda DKI Jakarta yang Baru Dinilai Berat. Foto:  Marullah Matali.

Tugas Sekda DKI Jakarta yang Baru Dinilai Berat. Foto: Marullah Matali.

Foto: Dok Kominfotik Jaksel
DKI Jakarta punya sekda yang baru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Marullah Matali, yang baru saja dilantik oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan amat berat. Ketua Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) Jakarta, Syarif Hidayatullah menilai, selain harus memahami kecakapan birokrasi dan internal yang bagus, menjadi pimpinan birokrasi di Wilayah DKI Jakarta juga harus mampu menjadi perakit bangsa dan potret nasionalisme yang kuat.

"Karena Jakarta adalah wajah Indonesia," kata Syarief, Senin (18/11). 

Baca Juga

Namun dekikian Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta terpilih merupakan sosok yang kompeten dan gigih. Terlebih, Marullah sebagai putera asli Betawi, menjadikan dirinya paham betul permasalahan dan teritorial Jakarta.

Syarif menyampaikan selamat serta apresiasi yang tinggi kepada Sekda DKI terpilih. Lebih lanjut, Syarif menilai terpilihnya Marullah sebagai Sekda DKI Jakarta oleh Presiden RI, Joko Widodo, yang juga telah melewati proses panjang pemilihan, menjadi hal yang tepat.

"Marullah sosok yang kompeten, gigih, dan sangat paham teritorial Jakarta. Saya berharap, Marullah bersama dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mampu menjadikan Jakarta lebih baik, maju, dan mandiri."

Gubernur Anies Baswedan mengatakan pemilihan Sekda DKI sudah diproses berdasarkan UU ASN Tahun 2014 dan Permenpan Tahun 2014, serta PP Nomor 11 Tahun 2014 tentang Manajemen PNS.

"Proses (pemilihan) itu sudah tuntas. Alhamdulillah, hari ini adalah babak baru, satu sisi menuntaskan proses seleksi, sisi lain memulai kerja besar bersama dengan Sekda baru," kata Anies dalam keterangannya.

Anies berharap Marullah dapat menjalankan amanat baru di tengah pandemi Covid-19. Sebab saat ini keadaan kesehatan dan perekonomian di Ibukota melemah.

Marullah (55) dipilih sebagai Sekda karena meraih hasil tertinggi dari setiap tes yang digelar oleh Panitia Lelang Jabatan Sekda Provinsi DKI Jakarta sejak Oktober tahun lalu. Anak Betawi Pondok Labu ini menggantikan anak Betawi lainnya (almarhum Saefullah) sebagai Sekda Provinsi DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Marullah Matali telah dilantik sebagai Sekda DKI Jakarta, Senin (18/11) sore, di Balai Kota Jakarta. Pelantikan dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Saat mengambil sumpah jabatan, Marullah juga ditemani oleh istrinya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA