Senin 18 Jan 2021 22:57 WIB

DPRD: DIY Perlu Rekrutmen Tenaga Kesehatan

Membludaknya pasien covid-19 membuat nakes kewalahan.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Dwi Murdaningsih
Seorang dokter menyuntikan vaksin Covid-19 ke tenaga kesehatan. ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Seorang dokter menyuntikan vaksin Covid-19 ke tenaga kesehatan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana meminta Pemda DIY untuk segera melakukan rekrutmen ulang tenaga kesehatan (nakes). Hal ini mengingat terus melonjaknya kasus baru Covid-19 yang tidak sebanding dengan jumlah nakes yang menangani pasien Covid-19.

"Sangat perlu untuk segera melakukan rekrutmen ulang tenaga kesehatan,"  kata Huda belum lama ini.

Baca Juga

Bahkan, katanya, kapasitas rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di DIY sudah kritis. Dengan begitu perlu dilakukan penambahan kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 dan harus dibarengi dengan penambahan nakes.

"Kapasitas rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam kondisi kritis saat ini. Antrean pasien Covid-19 membludak dan banyak yang tidak tertampung di rumah sakit ataupun layanan kesehatan," tambahnya

Menurutnya, kondisi nakes yang menangani pasien Covid-19 sudah memprihatinkan. Sebab, kata Huda, membludaknya pasien Covid-19 tiap harinya membuat nakes kewalahan dan mengalami tekanan yang luar biasa.

"Dalam kondisi tertekan, saya khawatir banyak nakes yang beresiko tertular dan terpaksa non aktif beberapa saat," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta agar Pemda DIY memberikan insentif dan jaminan keamanan yang layak bagi nakes. Sebab, nakes yang menangani pasien Covid-19 memiliki resiko besar tertular Covid-19.  

"Pekerjaan ini beresiko tapi harus dilakukan, saya paham rekrutmen nakes tidak mudah. Meskipun demikian, tetap harus direkrut demi keselamatan warga DIY yang terkena Covid-19," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement