Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

7 Tips Memulai Pagi Agar Tetap Produktif Sepanjang Hari

Senin 18 Jan 2021 22:44 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda

Ilustrasi bekerja dari rumah. Saat pandemi membuat orang lebih banyak di rumah, ketahui cara memulai pagi agar produktif sepanjang hari.

Ilustrasi bekerja dari rumah. Saat pandemi membuat orang lebih banyak di rumah, ketahui cara memulai pagi agar produktif sepanjang hari.

Foto: Wallpapaer Flare
Ada sejumlah ritual pagi yang bisa diikuti untuk kesehatan yang lebih baik saat WFH.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masih harus bekerja dari rumah? Jangan khawatir, Anda tak sendiri.

Pandemi Covid-19 memang telah mengubah banyak hal, termasuk membuat orang harus bekerja dari rumah. Menyesuaikan diri dengan cara kehidupan normal baru ini, tidaklah mudah.

Beberapa orang  pada awalnya menikmati bekerja dari rumah, lalu sekarang sebagian besar menjadi gelisah dan khawatir tentang efek buruk dari praktik ini. Berikut ini tujuh ritual pagi luar biasa yang dapat diikuti untuk kesehatan yang lebih baik saat sedang bekerja dari rumah (WFH).

Langkah ini dapat membantu kita memulai hari, meningkatkan energi, dan tetap sehat secara keseluruhan.

1. Detoksifikasi digital
Kita semua pasti setuju bahwa bekerja dari rumah menyebabkan waktu menatap layar lebih tinggi. Bahkan, saat tidak bekerja, kita tetap khawatir dengan email kantor, panggilan, pesan, atau bahkan berita tentang Covid-19.

Oleh karena itu, ritual pagi yang sangat efektif adalah melakukan detoksifikasi digital, setidaknya selama satu jam setelah bangun tidur. Jangan melihat ponsel setelah bangun. Sebaliknya, habiskan waktu di alam terbuka, berjalan-jalan, mendengarkan musik, membaca buku, atau sekadar menikmati kesendirian.

2. Latihan pernapasan
Latihan pernapasan adalah cara yang bagus untuk memulai hari. Ini membantu kita secara mental dan fisik.

Tarik napas panjang, atau ikuti berlatih yyoga. Ini adalah cara yang bagus untuk merasa energik dan siap menjalani hari.

3. Buat jurnal
Banyak orang membuat jurnal menjelang akhir hari. Namun, membuat jurnal di pagi hari juga dapat membantu dalam banyak hal.

Baca Juga

Bagaimana suasana hati kita saat bangun hari ini? Apa rencana kita hari ini? Bagaimana kita ingin melalui hari ini? Itu adalah beberapa pertanyaan yang dapat kita jawab sebagai jurnal pemikiran setiap pagi.

4. Jadilah senyaman yang kita inginkan
Sementara beberapa orang meyakini bahwa mandi, bersiap-siap, dan duduk di meja seolah-olah kita berada di kantor adalah cara terbaik untuk tetap produktif. Sebagian yang lain bisa jadi memilih untuk berbeda.

Sudah ada banyak tekanan yang dihadapi orang ketika harus bekerja dari rumah, dan menambahkan tekanan mental pada diri sendiri dengan memaksa diri kita untuk melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan di pagi hari, mungkin tidak membantu. Kenakan loungewear kalau mau, makan sarapan yang sehat, dan bekerjalah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA