Senin 18 Jan 2021 21:06 WIB

Mengapa Suku Asal Rasulullah SAW Dinamakan 'Quraisy'?

Rasulullah SAW berasal dari Suku Quraisy yang terhormat di kalangan Arab

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW berasal dari Suku Quraisy yang terhormat di kalangan Arab. Ilustrasi peristiwa hijrah.
Foto: republika.co.id
Rasulullah SAW berasal dari Suku Quraisy yang terhormat di kalangan Arab. Ilustrasi peristiwa hijrah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejarawan dan ulama telah meriwayatkan beberapa catatan tentang alasan penyebutan 'Suku Quraisy'. 

Beberapa dari mereka melihat bahwa asal usul nama tersebut karena kedudukan dan kebesaran orang Quraisy, dan ada pula yang melihat ini disebabkan keterkenalannya dalam perdagangan.

Baca Juga

Dilansir dari laman Mawdoo, beberapa ulama mengatakan bahwa alasan penamaan Quraisy adalah karena pekerjaan yang membuatnya terkenal, yaitu berdagang. Disebutkan Ibn Hisyam, al-quraisy berarti untung dan berdagang. 

Dalam riwayat lain disebutkan, alasan penamaan Quraisy yakni sebagai sifat metaforis pada ikan hiu. Dalam bahasa Arab sendiri, ikan hiu disebut qirsy atau quraisy. 

Kemudian, hiu menjadi metafora atas kekuatan, kebesaran, dan kedudukan Suku Quraisy. Sehingga mirip ikan hiu yang menguasai ikan lain.

Orang-orang dari Suku Quraisy juga menguasai suku-suku lain karena kekuatan yang dimiliki mereka. Dalam salah satu riwayat, disebutkan pula tentang tokoh awal suku Quraisy bernama Quraisy bin Badr bin Khald bin al-Nadr. 

Dia orang yang dikenal sangat pintar berdagang sehingga, menurut Al-Harits, diberilah nama Quraisy bagi keturunannya. Selain itu, melekat pula kultur berdagang pada Suku Quraisy.

Arti Quraisy secara linguistik dan idiomatik, ada beberapa arti. Antara lain, yang berarti kekerasan atau sesuatu yang berat. Suku ini berada di lingkungan Kota Suci di Makkah.

Suku Quraisy dipilih dari suku-suku Arab lainnya untuk melayani para peziarah. Sebab, mereka terbiasa melakukan perjalanan pada musim panas ataupun dingin.

Alquran juga mengabadikan nama Quraisy ke dalam salah satu nama surat, yaitu Surah Quraisy, surat ke-106. Surat yang turun di Makkah ini terdiri atas empat ayat.

Sumber: https://mawdoo3.com/%D9%84%D9%85%D8%A7%D8%B0%D8%A7_%D8%B3%D9%85%D9%8A%D8%AA_%D9%82%D8%A8%D9%8A%D9%84%D8%A9_%D9%82%D8%B1%D9%8A%D8%B4_%D8%A8%D9%87%D8%B0%D8%A7_%D8%A7%D9%84%D8%A5%D8%B3%D9%85#cite_note-rqyHz7u23x-1   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement