Selasa 19 Jan 2021 02:14 WIB

Ini Kondisi Kasdim Gresik yang Disebut Wafat Usai Divaksin

Kabar wafatnya Kasdim Gresik dipastikan TNI hoaks.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi Covid-19. Pihak TNI Angkatan Darat (AD) menyatakan kabar adanya anggota mereka yang meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac adalah kabar bohong.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19. Pihak TNI Angkatan Darat (AD) menyatakan kabar adanya anggota mereka yang meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac adalah kabar bohong.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak TNI Angkatan Darat (AD) menyatakan kabar adanya anggota mereka yang meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac adalah kabar bohong. Anggota TNI AD yang disebut-sebut sebagai Kasdim Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi, hingga kini masih dalam keadaan sehat.

"Beredarnya foto anggota TNI yang disebut-sebut sebagai Kasdim Gresik, Mayor Inf Sugeng Riyadi, disertai keterangan bahwa yang bersangkutan meninggal dunia usai disuntik vaksin Sinovac, adalah berita hoaks," ungkap Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Arm Imam Haryadi, dalam keterangan pers, Senin (18/1).

Baca Juga

Menurut Imam, kabar bohong tersebut harus segera diluruskan agar tidak menimbulkan opini sesat di tengah masyarakat terkait program vaksinasi Covid-19 yang sedang berjalan saat ini. Dia mengungkapkan, Kasdim Gresik hingga saat ini dalam kondisi sehat.

"Hingga saat ini, Kasdim Gresik dalam keadaan sehat wal afiat. Jadi tidak benar berita yang mengatakan bahwa ia meninggal setelah disuntik vaksin Sinovac," kata dia.

Dia menjelaskan, pada kabar yang beredar, terdapat foto dengan sosok anggota TNI yang dilingkari. Menurut Imam, yang dilingkari itu merupakan sosok mantan Danramil Kebomas Kodim 0817/Gresik, Mayor Kav Gatot Supriyono, yang telah meninggal dunia.

"Almarhum Gatot meninggal dunia pada hari Jum'at tanggal 15 Januari 2021 pukul 23.06 WIB akibat serangan jantung," kata dia.

Menurut Imam, Gatot belum pernah divaksinasi Covid-19 dengan merk Sinovac sebelumnya. Gatot pernah melaksanakan test cepat antigen di Poskes Gresik pada Kamis 14 Januari 2021 lalu dan hasilnya pin non reaktif. Foto yang beredar dengan disertai kabar bohong itu diambil dari dokumentasi tanggal 10 Januari 2021.

"Saat yang bersangkutan mendampingi Danrem 084/BJ beserta keluarga melaksanakan ziarah ke Makam Sunan Giri, di Gresik," jelas Imam.

Sementara itu, di tanggal yang sama, Kasdim Gresik atas nama Mayor Inf Sugeng Riyadi menerima vaksinasi Covid-19, dengan merk Sinovac di RSUD Ibnu Sina Gresik. Sugeng menggantikan Dandim 0817/Gresik yang pada saat skrining diketahui tengah memiliki tensi darah yang tinggi.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi Mayor Inf Sugeng Riyadi dalam keadaan sehat. Dia kembali menyatakan, pemberitaan yang menyatakan bahwa Kasdim Gresik meninggal dunia usai divaksin Sinovac, adalah berita tidak berdasarkan kebenaran.

“Sehingga masyarakat diharapkan tidak terpengaruh berita tersebut, serta yakin bahwa vaksin Covid 19 merk Sinovac telah aman dan manjur untuk mengatasi Pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement