Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Pidie Aceh

Senin 18 Jan 2021 18:50 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Banjir. Ilustrasi

Banjir. Ilustrasi

Foto: ANTARA
Ratusan rumah di enam kecamatan Kabupaten Pidie, Aceh dilaporkan terendam banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, BAND ACEH -- Ratusan rumah dari enam kecamatan di Kabupaten Pidie, Aceh, dilaporkan terendam banjir, Senin (18/1). Banjir menyusul hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya air sungai di daerah tersebut.

"Sudah enam kecamatan terendam banjir, mulai dari persawahan dan sekitar 500 rumah warga," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dewan Ansari yang dihubungi dari Banda Aceh, Senin.

Ansari menyebutkan, adapun enam wilayah yang terendam banjir tersebut yakni di Kecamatan Padang Tiji (12 desa), Delima (sembilan desa), Mila (delapan desa), sedangkan di Indra Jaya, Pidie, Glumpang Baro masih dalam pendataan.

"Untuk data detail setiap kecamatan dan jumlah desa yang terendam banjir masih dalam pendataan di lapangan," ujarnya.

Ketinggian banjir yang melanda sejumlah kawasan itu diperkirakan mencapai 50 sampai 70 centimeter. Namun, di beberapa daerah sudah mulai surut.

Ansari menuturkan, tidak semua warga terdampak mengungsi, hanya sebagian, yakni di Kecamatan Padang Tiji 125 kepalakeluarga (KK) dan Kecamatan Pidie sebanyak 185 KK.

"Warga mengungsi sementara, dan tidak menggunakan tenda, melainkan ke mushala terdekat sambil menunggu air surut," kata Ansari.

Kepada warga terdampak, pemerintah setempat melalui Dinas Sosial Pidie sudah memberikan bantuan serta penyaluran air bersih ke lokasi banjir.

Ansari mengimbau kepada masyarakat harus tetap siaga terhadap bencana banjir ini, apalagi hujan yang terus mengguyur wilayah Pidie, terutama warga yang tinggal di kawasan rawan banjir.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA