Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Validasi Hasil Tes Covid-19 Gunakan eHAC Dimulai Februari

Senin 18 Jan 2021 18:23 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi

Guna mempermudah calon penumpang pesawat, hasil tes COVID-19 yang dilakukan di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta dapat langsung dikirimkan (submit) ke aplikasi electronic health alert card (eHAC) milik Kementerian Kesehatan.

Guna mempermudah calon penumpang pesawat, hasil tes COVID-19 yang dilakukan di Airport Health Center Bandara Soekarno-Hatta dapat langsung dikirimkan (submit) ke aplikasi electronic health alert card (eHAC) milik Kementerian Kesehatan.

Foto: Angkasa Pura II
Bandara Soekarno-Hatta juga sedang membangun sistem pendukung syarat penerbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menerapkan secara masif pemeriksaan surat keterangan hasil tes Covid-19 secara digital. Proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi eHAC. 

"Validasi digital surat hasil tes Covid-19 melalui eHAC akan dilakukan penuh pada Februari 2021," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan Bandara Soekarno-Hatta (KKP Kemenkes) Darmawali Handoko dalam pernyataan tertulisnya, Senin (18/1).  

Darmawali mengatakan, setiap calon penumpang pesawat yang melakukan tes Covid-19 di fasilitas kesehatan yang terdaftar di eHAC milik Kementerian Kesehatan akan dapat melakukan validasi surat keterangan hasil tes secara digital oleh KKP Kemenkes untuk mendapatkan barcode. Kemudian, lanjut dia, barcode tersebut bisa ditunjukkan langsung di konter check in di bandara. 

Baca Juga

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan, saat ini AP II juga tengah membangun sistem Airport ID bagi penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Sistem tersebut untuk mendukung terpenuhinya protokol kesehatan termasuk terkait persyaratan tes Covid-19.

Agus menambahkan, saat ini di Bandara Soekarno-Hatta terdapat delapan titik Airport Health Center untuk tes Covid-19. Lokasi tes tersebut juga memiliki tiga alternatif layanan yaitu pre-order service, drive thru service, dan walk in service.

"Surat hasil dari setiap tes Covid-19 yang dilakukan di Airport Health Center juga dapat dikirimkan ke aplikasi eHAC di smartphone calon penumpang pesawat untuk dilakukan validasi oleh KKP Kemenkes dan mendapatkan barcode untuk ditunjukkan di konter check in," kata Agus. 

Agus mengharapkan, lokasi tes di Bandara Soekarno-Hatta tersebut dapat mempermudah calon penumpang memenuhi persyaratan tes Covid-19. Agus mengimbau agar penumpang berhati-hati terhadap adanya upaya penipuan berkaitan dengan surat hasil tes.

"Tolak praktik percaloan yang menawarkan surat hasil tes palsu dan jangan memalsukan surat hasil tes," kata Agus.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA