Senin 18 Jan 2021 16:38 WIB

UMP Buka Prodi Akuakultur

Kebutuhan terhadap seorang ahli perairan akan sangat dibutuhkan.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Foto: DOK UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Jumlah program studi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, terus bertambah. Hal ini ditandai dengan dibukanya Program Studi (S1) Akuakultur pada penerimaan mahasiswa di 2021 ini.  

''Kita membuka Prodi Akuakultur karena prodi ini sangat dibutuhkan di Indonesia. Wilayah NKRI yang sebagian besar merupakan lautan, menjadi masa depan yang cerah bagi alumni prodi ini,'' jelas Rektor UMP, Dr Jebul Suroso, Senin (18/1).

Dengan wilayah NKRI yang lebih 70 persen merupakan laut, kebutuhan terhadap seorang ahli perairan akan sangat dibutuhkan. ''Lulusan prodi ini juga dapat menjadi peneliti tentang laut dan air di Indonesia, bekerja di kementerian yang terkait dengan perikanan dan perairan, atau menjadi wiraswastawan budi daya ikan yang memiliki nilai jual bagus,'' jelasnya.

Kepala Biro Publikasi dan Admisi UMP Dr Yudha Febrianta, menyatakan saat ini UMP memiliki lebih dari 45 program studi yang bernaung di bawah 11 fakultas. Dari sekian banyak prodi tersebut, juga sudah banyak yang terakreditasi A.

Dalam program penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan, Yudha menyebutkan, saat ini UMP sudah membuka masa penerimaan mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2021/2022. Masa Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), terbagi menjadi tiga gelombang.

''Gelombang pertama dibuka mulai November 2020 hingga Maret 2021. Gelombang kedua pada April sampai Juni 2021. Dan gelombang ketiga Juli hingga Agustus 2021,'' jelasnya.

Sementara untuk jalur pendaftaran, menurut Yudha, ada beberapa jalur. ''Informasi lengkap mulai jalur penerimaan, biaya pendaftaran dan biaya pendidikan, bisa dilihat di website pmb.ump.ac.id," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement