Senin 18 Jan 2021 14:21 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Dwi Murdaningsih
Eksoplanet. ilustrasi
Foto: EPA-EFE/ESO/L. Calcada
Eksoplanet. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Ada banyak keanehan di alam semesta ini. Penelitian terbaru menjelaskan satu sistem planet aneh yang ditemukan lebih dari satu dekade lalu.

Para peneliti menemukan sebuah planet dengan tiga matahari dan orbit yang tidak biasa. Planet yang dinamai KOI-5Ab ditemukan tahun 2009, sebagai kandidat planet kedua yang ditemukan oleh misi Kepler yang saat itu baru milik NASA. Tapi tidak ada yang terlalu memperhatikan planet khusus ini karena misi Kepler terus menemukan planet baru dan menarik.

Namun ada beberapa yang menarik ketika melihat kembali ke masa lalu untuk hal-hal yang telah diabaikan orang lain, seperti yang ditemukan oleh tim dari Institut Sains Exoplanet NASA. Kepala ilmuwan NASA David Ciardi melihat kembali data yang tersedia di KOI-5Ab dari berbagai teleskop yang berbeda. Ia merasa planet itu layak untuk ditinjau kedua kali.

"KOI-5Ab terbengkalai karena menyusahkan, dan kami punya ribuan calon (planet)," kata Ciardi dalam keterangannya dilansir dari digitaltrends pada Senin (18/1).

"Ada hasil yang lebih mudah daripada KOI-5Ab, dan kami mempelajari sesuatu yang baru dari misi Kepler setiap hari, sehingga KOI-5 terlupakan," lanjut Ciardi

Fitur KOI-5Ab yang paling menonjol adalah merupakan bagian dari sistem bintang tiga. Ini berarti ia mengorbit sebuah bintang yang berpola orbit dengan dua bintang lainnya. Tarian rumit dari tiga bintang dan 1 planet adalah hal langka.