Senin 18 Jan 2021 12:37 WIB

IZI-MTXL Axiata Bangun Kembali Jembatan Talagahiang di Lebak

Pada Januari lalu, jembatan ini hancur diterjang banjir bandang.

Rep: Rossy Handayani/ Red: wahidah
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL)  meresmikan jembatan Talagahiang di Lebak, Banten, Sabtu (16/1).
Foto: Dok: IZI
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) dan Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) meresmikan jembatan Talagahiang di Lebak, Banten, Sabtu (16/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) bekerja sama dengan Majelis Taklim XL (MTXL) Axiata meresmikan jembatan Talagahiang di Kecamatan Cipanas, Lebak, Banten, Sabtu (16/1). Pada Januari lalu, jembatan ini hancur diterjang banjir bandang.

"Alhamdulillah ini kebanggaan bagi kami, bisa bersama-sama dengan teman-teman Majelis Taklim XL Axiata meresmikan jembatan Talagahiang. Pada awal tahun 2020 terjadi banjir bandang yang menyebabkan rusaknya jembatan, yang menjadi sarana dua desa. Mudah-mudahan ini bisa menjadi dorongan baru, semangat baru," kata Direktur Edukasi dan Kemitraan Zakat IZI, Deddy Fenalosa secara daring melalui Zoom, Sabtu (16/1).

Adapun jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung antara Desa Talagahiang dan Desa Sipayung, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten.

Sebelum terjadinya banjir bandang, Jembatan Talagahiang ini mampu merangsang tumbuhnya aktivitas ekonomi warga sekitar. Di antaranya, kehadiran jembatan tersebut melahirkan bisnis agrowisata berupa tempat makan dan pemancingan yang berdiri di sekitar jembatan serta pinggir sungai. Hadir pula banyak keramba yang digunakan warga untuk membudidayakan ikan.

Pascabencana, warga Kecamatan Cipanas, Lebak membangun jembatan darurat menggunakan material bambu dan kayu. Bangunan penghubung tersebut hanya dapat dilewati para pejalan kaki dan kendaraan roda dua. Berkali-kali jembatan kayu dan bambu itu roboh akibat tergerus aliran sungai.

Karena itu, kerja sama IZI dan MTXL dalam pembangunan kembali jembatan Talagahiang sejatinya tidak hanya membantu Pemerintah Kabupaten Lebak, tetapi juga memberikan dampak positif bagi warga setempat, terutama dalam meningkatkan ekonomi para pengusaha kecil-menengah, serta pengguna kendaraan roda empat.

"Suatu kehormatan bagi kami manajemen dan karyawan XL Axiata bisa ikut berpartisipasi membangun kembali jembatan yang menghubungkan kedua desa,’’ kata Direktur Finance XL Axiata, Budi Pramantika.

Dana yang digunakan dalam program ini, lanjut Budi, berasal dari donasi karyawan, dana wakaf manajemen, dan pelanggan setia PT XL Axiata.

Ia berharap, pembangunan kembali jembatan ini akan melancarkan akses perekonomian dan pendidikan bagi warga desa. Mengingat pentingnya fungsi jembatan ini, maka  IZI dan MTXL meningkatkan spesifikasi bangunan jembatan Talagahiang agar lebih kokoh dan dapat dilalui kendaraan roda empat.

 

‘'XL sudah kesekian kalinya (ikut membantu membangun), setelah diresmikan akan diserahkan ke desa. Saya harap pemerintah desa akan melakukan pemeliharaan pada jembatan Talagahiang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lebak, Maman Suparman.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement