Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Thursday, 20 Rajab 1442 / 04 March 2021

Masjid Bersejarah Berusia 500 Tahun Ditemukan di Islamabad

Senin 18 Jan 2021 12:00 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

 Masjid Bersejarah Berusia 500 Tahun Ditemukan di Islamabad. Foto: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

Masjid Bersejarah Berusia 500 Tahun Ditemukan di Islamabad. Foto: Kubah masjid berlafaskan Allah (ilustrasi)

Foto: ANTARA
Masjid berusia 500 tahun di Islamabad dijadikan situs arkeologi.

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Sebuah masjid bersejarah yang diperkirakan berusia 500 tahun, baru-baru ini ditemukan di dekat Lotus Lake di Islamabad, Pakistan. Setelah dilakukan peninjauan oleh otoritas terkait, temuan ini dinyatakan sebagai situs arkeologi.

Reruntuhan situs bersejarah masjid tua ini ditemukan oleh Environment Wing of the Capital Development Authority (CDA), saat mereka tengah melakukan pembangunan di Lotus Lake.

Dilansir di The News Pakistan, Senin (18/1), sekilas dari penampakannya, diperkirakan masjid tersebut berusia hampir 100 tahun. Namun, ketika Direktorat Lingkungan meminta pendapat ahli dari otoritas terkait, mereka menyebut reruntuhan yang ada menunjukkan masjid itu dibangun sekitar 500 tahun lalu.

Untuk saat ini, CDA sedang membuat pengaturan terkait survei atau penelitian di masjid tersebut secara komprehensif, untuk menentukan fakta sebenarnya tentang bangunan itu.

Direktorat Lingkungan CDA menyatakan, masjid tersebut digunakan sebagai tempat ibadah oleh penduduk desa di Shakarparian.

Masjid yang telah lama ditinggalkan ini ditemukan saat upaya pembersihan dilaksanakan selama pembangunan di Lotus Lake. Pohon beringin yang terletak di halaman masjid juga diyakini berusia 500 tahun.

Lebih lanjut, Direktur Jenderal Lingkungan CDA lantas melakukan kunjungan ke situs masjid. Ia mengarahkan anggota stafnya untuk mempersiapkan rencana guna mengembalikan bangunan ke kejayaan aslinya.

Para ahli dari departemen arkeologi juga akan dilibatkan dalam proses restorasi. Kemungkinan proses ini akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

Untuk diketahui, CDA telah melestarikan dan mengembangkan Sadhu ka Bagh berusia 2.400 tahun maupun gua-gua yang terletak di Shah Allah Ditta, yang berukuran dua hektar tanah.

Selain pohon Beringin yang terkenal, pohon dengan umur berabad-abad lalu, termasuk Kurma, Kau, Phulai, Mangga dan Peepal juga telah dilestarikan oleh badan sipil ini

"Kami sedang dalam upaya 'perburuan sejarah'. Penemuan masjid tua ini mungkin menjadi awal untuk lebih banyak penemuan di ibu kota," ujar Direktur Jenderal Lingkungan CDA.  

Sumber:

https://www.thenews.com.pk/print/775869-newly-discovered-mosque-now-believed-to-be-500-year-old

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA