Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Friday, 21 Rajab 1442 / 05 March 2021

Kalahkan Barcelona, Atletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol

Senin 18 Jan 2021 05:35 WIB

Red: Bayu Hermawan

Kapten Barcelona Lionel Messi mencoba melewati pemain Atletic Bilbao dalam pertandingan Final Piala Super Spanyol, Senin (18/1).

Kapten Barcelona Lionel Messi mencoba melewati pemain Atletic Bilbao dalam pertandingan Final Piala Super Spanyol, Senin (18/1).

Foto: EPA
Bilbao mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2 dalam final Piala Super Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atletic Bilbao berhasil meraih Piala Super Spanyol setelah mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Olimpiade Sevilla, Senin (18/1) dini hari WIB. Bilbao memaksa Barcelona menyerah setelah melalui babak perpanjangan waktu.

Kedua tim tampil ngotot sejak awal pertandingan dengan diwarnai duel ketat di lapangan tengah. Di penghujung babak pertama, pertandingan semakin sengit. Barcelona berhasil membuka keunggulan pada menit ke-40 melalui Antoine Griezmann.

Berawal dari pergerakan Messi yang memainkan umpan satu dua dengan Jordi Alba, bek Bilbao gagal mengamankan bola. Bola muntah kemudian langsung disambar Griezmann dan membawa Barcelona unggul 1-0. 

Baca Juga

Namun, keunggulan tersebut tidak berlangsung lama. Bilbao berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-42, melalui Oscara de Marcos, setelah memanfaatkan umpan silang dari Inaki Williams. Hingga babak pertama usai, skor sama kuat 1-1.

Di babak kedua, Bilbao langsung tampil menekan Barcelona. Raul Garcia nyaris membawa Bilbao unggul pada menit ke-57, namun sayangnya gol tersebut dianulir oleh wasit, karena berdasarkan pengecekan VAR (video assistant referee), Garcia sudah terlebih dulu terjebak offside.

Meski Bilbao tampil menyerang, namun akhirnya Barca yang berhasil memperbesar keunggulan. Antoine Griezmann kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-77. Penyerang asal Prancis itu berhasil memanfaatkan umpan matang dari Jordi Alba.

Barcelona semakin percaya diri bisa meraih trofi. Namun sayang, pada menit ke-90, Bilbao lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan. Berawal dari tendangan Iker Muniain, Asier Villalibre mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan waktu. Sebab hingga babak kedua usai, skor bertahan sama kuat 2-2.

Petaka bagi Barcelona datang saat pertandingan babak tambahan waktu baru berjalan tiga menit. Inaki Williams sukses memaksa Ter Stegen memungut bola untuk ketiga kalinya, setelah mampu memanfaatkan umpang matang dari Muniain. Skor berbalik untuk unggulan Bilbao 3-2 atas Barcelona.

Barcelona semakin menderita setelah Lionel Messi diusir wasit karena mendapat kartu merah pada menit ke-120. Hingga babak tambahan waktu selesai, skor tidak berubah, Bilbao berhasil menjadi juara Piala Super Spanyol.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA