Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Prediksi Jumlah Muslim Sunni dan Syiah, Banyak Mana?

Senin 18 Jan 2021 05:57 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat perbedaan jumlah Muslim Sunni dan Syiah ke depan, Muslim Syiah Ilustrasi

Foto:
Terdapat perbedaan jumlah Muslim Sunni dan Syiah ke depan

Lebih lanjut, jumlah Muslim diperkirakan akan meningkat sekitar 35 persen dalam dua dekade mendatang, meningkat secara absolut dari 1,6 miliar menjadi sekitar 2,2 miliar orang pada 2030. 

Dalam setengah abad ke depan muslim akan tumbuh lebih dari dua kali lebih cepat dari populasi dunia secara keseluruhan antara 2015 dan 2060 dan pada paruh kedua abad ini,  kemungkinan akan melampaui umat Kristen  sebagai kelompok agama terbesar di dunia. 

Sementara populasi dunia diproyeksikan tumbuh 32 persen dalam beberapa dekade mendatang, jumlah Muslim diperkirakan akan meningkat 70 persen dari 1,8 miliar pada 2015 menjadi hampir tiga miliar pada 2060.

Alasan utama pertumbuhan Islam pada akhirnya melibatkan demografi sederhana. Pertama, Muslim memiliki lebih banyak anak daripada tujuh kelompok agama besar lainnya yang dianalisis dalam penelitian ini.  

Wanita Muslim memiliki rata-rata dua sampai sembilan anak, jauh di atas kelompok tertinggi berikutnya (Kristen pada dua hingga enam) dan rata-rata dari semua non-Muslim (2,2). Di semua wilayah utama di mana terdapat populasi Muslim yang cukup besar, kesuburan Muslim melebihi kesuburan non-Muslim.  

Pertumbuhan populasi Muslim juga dibantu fakta bahwa Muslim memiliki usia rata-rata termuda (24 tahun 2015) dari semua kelompok agama utama, lebih muda tujuh tahun dari usia rata-rata non-Muslim (32). 

Sebagian besar umat Islam akan segera berada pada titik kehidupan mereka ketika orang mulai memiliki anak. Ini, ditambah dengan tingkat kesuburan yang tinggi, akan mempercepat pertumbuhan penduduk Muslim. 

Lebih dari sepertiga Muslim terkonsentrasi di Afrika dan Timur Tengah, wilayah yang diproyeksikan mengalami peningkatan populasi terbesar. 

Tetapi bahkan di wilayah dengan pertumbuhan tinggi ini dan juga wilayah lainnya Muslim diperkirakan tumbuh lebih cepat daripada anggota kelompok lain. 

Misalnya, Muslim di sub-Sahara Afrika, rata-rata, lebih muda dan memiliki kesuburan lebih tinggi daripada  populasi keseluruhan di wilayah tersebut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA