Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Friday, 8 Zulqaidah 1442 / 18 June 2021

Sukuk Negara Diluncurkan Lebih Banyak Tahun 2021

Senin 18 Jan 2021 06:10 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya

Sukuk (ilustrasi)

Sukuk (ilustrasi)

Foto: The middle east magazine online
Tahun ini Kemenkeu kembali meluncurkan Sukuk Wakaf Ritel seri kedua SWR 002.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Keuangan Republik Indonesia telah meluncurkan rencana penerbitan Surat Berharga Negara tahun 2021. Sebanyak empat instrumen dalam bentuk sukuk dan tiga obligasi.

Direktur Pembiayaan Syariah Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Dwi Irianti Hadiningdyah mengatakan dua sukuk dalam bentuk Sukuk Ritel disesuaikan dengan kondisi ekonomi. Menurutnya, investor membutuhkan instrumen yang dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder.

Baca Juga

"Lebih melihat appetite investor, dalam kondisi seperti ini, investor membutuhkan instrumen yang tradable," katanya kepada Republika.co.id, Ahad (17/1).

Sehingga pada saat kondisi sudah, masyarakat bisa menjual sukuknya dan lanjutkan agenda yang tertunda. Instrumen Sukuk Ritel merupakan sukuk yang bisa diperjualbelikan dengan tenor tiga tahun, sementara Sukuk Tabungan tidak bisa diperjualbelikan lagi dengan tenor dua tahun.

Pada tahun ini, DJPPR kembali meluncurkan Sukuk Wakaf Ritel seri kedua, SWR002. Dwi mengatakan, Sukuk Wakaf sebenarnya merupakan bonus dan merupakan bentuk komitmen Kementerian Keuangan dalam mendukung pengembangan wakaf produktif di Indonesia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA