Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Sunday, 23 Rajab 1442 / 07 March 2021

Cara Merawat Bulu Mata Agar tak Mudah Rontok

Ahad 17 Jan 2021 19:58 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Cara merawat bulu mata agar tetap kuat dan sehat.

Cara merawat bulu mata agar tetap kuat dan sehat.

Foto: www.freepik.com
Seiring bertambahnya usia, seseorang kehilangan 1-4 bulu mata setiap hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulu mata tak kalah penting dari rambut. Penempatan bulu mata yang unik di atas mata, membuat Anda perlu melakukan pendekatan berbeda dan lebih lembut.

Konsultan ahli bedah Ophthalmic dan Oculoplastic, dr Elizabeth Hawkes, mengatakan bulu mata terbuat dari protein keratin yang dihasilkan oleh folikel rambut dan dilapisi sebum dari kelenjar sebaceous. "Seperti semua rambut, mereka tumbuh, kemudian melalui siklus sebelum rontok," ujarnya seperti dilansir di laman Glamour Magazine, Ahad (17/1).

Pada dasarnya mereka adalah bagian dari sistem ajaib yang sama dengan rambut, kulit, dan kuku. Untuk itu, mereka layak mendapatkan perawatan dan perhatian yang sama, terutama jika Anda ingin bulu mata tetap kuat dan sehat.

"Secara alami kita kehilangan satu sampai empat bulu mata sehari dan seiring bertambahnya usia, bulu mata menjadi lebih pendek, lebih tipis, dan lebih ringan," ujarnya.

Berikut tip dr Elizabeth untuk menjaga bulu mata:

1. Hapus maskara seperti seorang profesional

"Sangat penting untuk menghapus semua produk dari bulu mata agar mencegah bulu mata rusak dan iritasi, serta lecet kornea, dan dalam kasus terburuk, infeksi," kata dr Elizabeth.

Gunakan make up remover pilihan Anda. Letakkan make up remover pada kapas atau kain halus lalu tahan di kelopak mata selama beberapa detik dalam kondisi mata berpejam. Hal ini memungkinkan formula yang ada dalam remover memecah maskara dengan lembut. Alhasil, saat Anda mengusapnya, dia dengan lembut mengangkat maskara dan tidak menarik bulu mata yang halus.

Jangan tergoda untuk menarik atau memetik sisa maskara karena ini pasti akan merusak atau menarik bulu mata Anda.

2. Cegah kelenjar mata tersumbat

Setelah dibersihkan, ambil bantalan yang bersih dan tekan perlahan ke bawah menuju garis bulu mata pada kelopak mata atas. Kemudian, dengan bantalan bersih kedua, dorong ke atas menuju garis bulu mata bawah.

Mata kita memiliki ratusan kelenjar kecil yang melapisi bagian atas dan bawah. kelopak mata, tepat di belakang garis bulu mata yang disebut kelenjar meibom.

Mereka mengeluarkan minyak yang melumasi permukaan mata. Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat mencegahnya tersumbat dan mencegah blepharitis.

3. Gunakan pelembab bulu mata

Gunakan pelembap bulu mata untuk meningkatkan tampilan bulu mata dan melindungi dari kerusakan. Pelembap bulu mata juga meningkatkan kesehatan, kelenturan dan kekuatan bulu mata sehingga memungkinkannya tumbuh subur secara alami.

4. Gunakan obat tetes jika mata Anda terasa kering atau lelah

Tetes mata yang mengandung asam hialuronat bisa meredakan gejala mata kering. Asam hialuronat adalah bahan yang bekerja sangat alami.

5. Gunakan tisu basah pada mata

Tisu basah digunakan untuk kebersihan kelopak mata sehari-hari dan kulit sensitif (terutama dalam kasus blepharitis). Tisu basah yang bebas dari detergen dan pengawet, dengan lembut membersihkan tanpa mengiritasi mata atau merusak lapisan luar kulit.

6. Jangan terus memakai maskara

Dr Elizabeth mengatakan secara umum maskara tidak buruk untuk mata. Namun maskara tahan air dirancang untuk tidak mudah lepas yang dapat menyebabkan bulu mata rontok lebih dari yang seharusnya dan patah. 

Menurut dia, Anda bisa memberi waktu istirahat bulu mata dari maskara selama lockdown. "Ini akan membantu untuk membiarkan bulu mata Anda pulih dan memastikan mereka pada kesehatan yang optimal," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA