Senin 18 Jan 2021 00:27 WIB

Sisi Nan Cantik dari Gunung Semeru 

Semeru memiliki banyak danau indah salah satunya Ranu Kumbolo.

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Agus Yulianto
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1) dan warga di sekitar gunung tersebut  diiimbau agar waspada akan potensi bencana yang ditimbulkan.
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan awan panas guguran sejauh 4,5 kilometer pada Sabtu (16/1) dan warga di sekitar gunung tersebut diiimbau agar waspada akan potensi bencana yang ditimbulkan.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Wilda Fizriyani/Republika

 

Gunung Semeru telah beberapa kali mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) sejak akhir tahun lalu hingga Januari 2021. Terakhir, gunung berketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut ini mengeluarkan APG dengan jarak luncur 4 kilometer (Km), Sabtu (16/1).

Di balik ancaman erupsi, ada sisi cantik yang perlu masyarakat tahu dari gunung tertinggi di Pulau Jawa tersebut. Sebelum memasuki jalur pendakian Semeru terdapat Desa Ranu Pani yang berada di ketinggian 2.100 mdpl. Desa masyarakat Tengger ini menyuguhkan udara yang segar, pemandangan hijau dan beberapa danau atau ranu indah seperti Ranu Pani dan Ranu Regulo.

Penyuka wisata alam, Abdi Purnomo mengatakan, Semeru memiliki banyak danau indah di sekitarnya. Namun yang paling disukai para pendaki, yakni Ranu Kumbolo. Danau yang berada di ketinggian 2.400 mdpl ini termasuk terindah di antara ranu lainnya di Semeru. 

Danau yang memiliki luas 14 hektare (ha) ini termasuk tempat istirahat favorit para pendaki. Hal ini terutama bagi mereka yang hendak menuju Kalimati, Gunung Semeru. "Bisa juga untuk para pendaki yang tujuannya memang ke Ranu Kumbolo," kata pria disapa Abel ini kepada Republika, Ahad (17/1).

photo
Suasana pagi di tepi Ranu Kumbolo. Terlihat pendaki dengan tenda berwarna-warni - (ist/Sendy A)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement