Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Thursday, 13 Rajab 1442 / 25 February 2021

Pondok Inspirasi Luncurkan Program untuk Mahasiswa Bidikmisi

Ahad 17 Jan 2021 17:28 WIB

Red: Irwan Kelana

Pondok Inspirasi bersama Rumah Wijaya meluncurkan program internasional bertajuk English Online Course for Youth Community bagi mahasiswa Bidikmisi di Indonesia.

Pondok Inspirasi bersama Rumah Wijaya meluncurkan program internasional bertajuk English Online Course for Youth Community bagi mahasiswa Bidikmisi di Indonesia.

Foto: Dok Pondok Inspirasi
Program internasional itu menggandeng Rumah Wijaya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Perkuliahan harus dilakukan secara daring oleh perguruan tinggi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa dan dosen untuk membuat pembelajaran senyaman mungkin. 

Salah satu hikmahnya  ada potensi Merdeka Belajar yang diusung oleh Kemdikbud yang memberikan ruang belajar bagi mahasiswa untuk lebih kreatif dengan mitra manapun termasuk dengan komunitas. Pondok Inspirasi menangkap hal ini sebagai peluang besar untuk mempersiapkan ruang belajar berkualitas bagi mahasiswa.

“Merdeka belajar memberikan semangat bagi komunitas atau yayasan seperti Pondok Inspirasi untuk mempertajam program-program, membuka akses belajar mahasiswa dan mitra untuk berkolaborasi,”  papar M. Solehudin Zaenal, pengurus Pondok Inspirasi melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat  (15/1).   

Pondok Inspirasi bersama Rumah Wijaya meluncurkan program internasional bertajuk English Online Course for Youth Community bagi mahasiswa Bidikmisi di Indonesia, Jumat  (15/1). Program internasional ini diinisiasi untuk memberikan ruang belajar bagi mahasiswa Bidikmisi dengan wawasan internasional.

“Kami luncurkan  program internasional bagi mahasiswa Bidikmisi-KIP guna memberikan ruang belajar berwawasan internasional di masa pandemi dengan kekhasan milenial, asyik, santai, menyenangkan untuk belajar tanpa adanya sekat mahasiswa dengan pengajar,”  tutur Indah Prima Desi, koordinator Program Internasional Pondok Inspirasi  

Program internasional dilaksanakan dengan durasi satu tahun dan enam bulan evaluasi berupa rangkaian kegiatan yang terdiri atas english for presentation, international talk, culture exchange, community youth exchange dan IELTS program. Topik pembelajaran telah disiapkan dengan matang bersama integrasi kurikulum, mitra komunitas dalam dan luar negeri serta dukungan dari PT Paragon Technology and Innovation.

“Program ini disiapkan bagi mahasiswa dalam persiapannya ke jenjang dunia kerja atau menempuh pendidikan selanjutnya. Hal ini juga masih kita matangkan dengan tim Paragon dan LinkedIn untuk mendapatkan formula yang sesuai. Kita juga sudah siapkan beberapa komunitas pemuda luar negeri yang nantinya akan banyak berkolaborasi dengan program ini,”  papar Omar Danishwara,  General Manager Rumah Wijaya.

Pandemi menjadi peluang mahasiswa untuk mengoptimalkan diri bergabung di program tersebut sebagai sarana belajar sekaligus mempersiapkan mahasiswa ke jenjang pascakampus. 

“Prioritas program dikhususkan bagi mahasiswa Bidikmisi-KIP namun tidak menutup peluang juga bagi mahasiswa umum yang ingin belajar bersama. Program tidak dipungut biaya atau gratis namun kami jamin kualitasnya benar-benar akan memberikan dampak bagi mahasiswa.”, ungkap Indah. 

Pondok Inspirasi merupakan organisasi sosial pendidikan dan kepemudaan berdomisili di Bogor yang diinisiasi oleh alumni IPB University sejak 2013. Pondok Inspirasi juga mengembangkan Komunitas Inspirator Muda di 15 region di Indonesia dan Komunitas InovasiaID bagi pelajar.

Selain menjadi organisasi yang aktif di dunia kepenulisan ilmiah, Pondok Inspirasi juga berhasil menjadi Komunitas Terpilih Community Challenge Kahf, terpilih mengikuti Girl Leadership Program Bersama Menteri Keuangan RI, Young Business Hub di Turki dan terpilih untuk mengikuti YSEALI YOUnified 2020. Pondok Inspirasi mengemban nilai-nilai ketangguhan, kreativitas, pembelajar dan menginspirasi. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA