Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Jalani Isolasi Mandiri, Satpam Meninggal di Kamar Kos

Ahad 17 Jan 2021 16:04 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi Covid-19

Ilustrasi Covid-19

Foto: Pixabay
Korban meninggal saat sedang menjalani isolasi mandiri di kamar kosnya.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Warga perumahan Selabaya Indah Desa Selabaya Kecamatan Kalimanah Kabupaten PurbaIingga, dikejutkan dengan temuan jenazah di salah satu rumah kos, Sabtu (17/9). Korban yang belakangan diketahui Adnan Laruba (54), warga asal Kalimantan, ditemukan meninggal saat sedang menjalani isolasi mandiri di kamar kosnya.

''Almarhum merupakan seorang petugas security di kantor pelayanan pajak Purbalingga,'' jelas Kapolsek Kalimanah, AKP Setiadi.

Dia juga menyebutkan, almarhum sebelumnya memang sedang menjalani isolasi mandiri di kamar kosnya. Hal ini menyusul hasil rapid tes antigen dari pihak kantor, yang dilaksanakan Rabu (13/1). Dari hasil tes tersebut, almarhum diketahui positif Covid 19.

Namun untuk memastikan hasil tes tersebut, Dinas Kesehatan setempat mewajibkan yang bersangkutan untuk melaksanakan tes PCR yang dilaksanakan Jumat (15/1). Selama menunggu hasil tes PCR, korban diwajibkan menjalani isolasi mandiri.

''Korban sebenarnya sedang menunggu pelaksanaan tes PCR. Namun belum sampai hal ini dilakukan, korban sudah meninggal dunia,'' katanya.

Kapolsek menjelaskan, kondisi korban yang meninggal dunia diketahui oleh pemilik rumah kos Sabtu (16/1) menjelang waktu subuh. Saat itu, pemilik kost yang hendak melaksanakan shalat subuh merasa  curiga dengan kondisi korban karena melihat daun jendela kamar kost korban terlihat terbuka.

''Ketika dilihat isi kamar, pemilik rumah kos melihat korban dalam kondisi seperti tertidur di tempat tidur. Namun saat dipanggil namanya, sama sekali tidak ada respon,'' katanya.

Melihat kondisi ini, pemilik rumah kost langsung memberi tahu para tetangga dan ketua RT setempat. Pihak RT, kemudian meneruskan laporan ini pada perangkat desa dan pihak kepolisian.

''Saat itu, tidak ada warga yang berani menolong atau mengevakuasi korban, karena mereka tahu bahwa korban sedang menjalani isolasi mandiri di kamar kosnya,'' kata Kapolsek.

Menurutnya, jenazah baru dievakuasi ke RSUD Purbalingga setelah petugas dari Satgas Covid Kabupaten Purbalingga. Proses evakuasi dilakukan dengan menerapkan protokol Covid-19. ''Dari hasil pemeriksaan petugas kesehatan, tidak ada tanda bekas kekerasan di tubuh korban. Korban diperkirakan meninggal karena sakit yang dialaminya,'' jelasnya.

Dari keterangan rekan-rekannya di kantor pajak, Kapolsek juga menyebutkan, korban diketahui memiliki penyakit bawaan diabetes melitus. ''Kami sudah memberitahukan kejadian ini pada keluarga korban. Pihak keluarga korban meminta jenasah korban tetap dimakamkan di Purbalingga,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA