Ahad 17 Jan 2021 12:41 WIB

Penghargaan Terakhir untuk Farida Pasha

Almarhumah Farida Pasha dikenal dengan peran ikoniknya sebagai Mak Lampir.

Farida Pasha (kanan bawah) saat berfoto bersama keluarganya.
Foto: @ifyalyssa/Instagram
Farida Pasha (kanan bawah) saat berfoto bersama keluarganya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris senior Farida Pasha meninggal dunia pada Sabtu (16/1). Kecintaan almarhumah terhadap dunia akting sudah ada sejak muda. 

Pada 1977, tepatnya saat berusia 25 tahun, nama Farida Pasha mencuat lewat film Guna-Guna Istri Muda. Sedikitnya ada 30 judul film dan enam sinetron yang dia bintangi.

Berkat dedikasinya terhadap industri perfilman Tanah Air, dia memperoleh Lifetime Achievement dari Festival Film Bandung 2020. Ajang yang dihelat pada November 2020 itu diberikan kepada Farida atas prestasi, jasa, dan pengabdiannya terhadap perkembangan sinema Indonesia.

Penghargaan ini menjadi 'kado' terakhir bagi Farida sebelum tutup usia. "Terima kasih, Alhamdulillah Ibu pasti seneng sempet dapet penghargaan ini sebelum pergi. Proud of u Ibu," tulis cucu Farida, Ify Alyssa, dalam unggahan di akun Instagram-nya, Ahad (17/1).

Almarhumah Farida Pasha banyak bermain dalam film bergenre horor. Peran ikoniknya yang hingga kini masih melekat di benak masyarakat Indonesia yaitu ketika memainkan karakter Mak Lampir dalam sinetron "Misteri Gunung Merapi". Sinetron yang dibuat hingga musim ketga tersebut mulai tayang di televisi pada 1998 hingga 2005. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement