Ahad 17 Jan 2021 07:00 WIB

Pengakuan atas Muawiyah Tandai Berakhirnya Khilafah Nubuwah

Khilafah Nubuwah berakhir dengan munculnya Muawiyah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Pengakuan atas Muawiyah Tandai Berakhirnya Khilafah Nubuwah. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Pengakuan atas Muawiyah Tandai Berakhirnya Khilafah Nubuwah. Foto: Ilustrasi Sahabat Nabi

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Sejalan dengan waktu pengunduran diri cucu Nabi Muhammad ﷺ, al-Hasan sebagai khalifah, yang ditandai oleh pembaiatannya terhadap Mu'awiyah, maka berakhir sudah masa khilafah nubuwwah (kepemimpinan nabawi).

Ini juga dikenal khilafah rasyidah (kepemimpinan yang mendapat petunjuk), yang berlangsung selama 30 tahun sebagaimana dijanjikan Rasulullah ﷺ.

Baca Juga

Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, Sejak pertama kali dibai'at, al-Hasan menjadi khalifah bagi Hijaz, Yaman, Irak dan wilayah lainnya selama kurang lebih tujuh bulan, ada juga yang mengatakan selama delapan bulan, atau enam bulan.

Meski terbilang singkat, masa kekhalifahan ini dikategorikan sebagai khilafah rasyidah. Karena kurun waktu kekhalifahan itu menggenapkan masa kekhalifahan sebelumnya hingga menjadi 30 tahun, persis seperti yang disampaikan Nabi. Setelah itu, pemerintahan pun berganti menjadi sistem kerajaan. Nabi ﷺ bersabda:

 

الخلافة في أمتي ثلاثون سنة، ثم ملك بعد ذلك

"Kekhalifahan di tengah umatku berlangsung selama tiga puluh tahun, setelah itu muncullah (sistem) kerajaan" (HR Tirmidzi).

Terkait hadits tersebut, Ibnu Katsir mengatakan bahwa masa tiga puluh tahun khilafah rasyidah itu digenapkan oleh masa kekhalifahan al-Hasan bin Ali (Al-Bidayah wan Nihayah).

Ibnu Abul Izz al-Hanafi menjelaskan: "Kekhalifahan Abu Bakar berlangsung selama dua tahun tiga bulan, kekhalifahan Umar berlangsung selama 10,5 tahun, kekhalifahan Utsman berlangsung selama 12 tahun, kekhalifahan Ali berlangsung selama empat tahun sembilan bulan, dan kekhalifahan al-Hasan berlangsung selama enam bulan" (Al Bidayah wan Nihayah).

Dengan demikian, benarlah bahwa al-Hasan merupakan

khalifah kelima berdasarkan hadits kakeknya, Rasulullah ﷺ.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement