Ahad 17 Jan 2021 05:45 WIB

Siapakah Istri Nabi Yusuf AS, Benarkah Zulaikha?

Tak ada riwayat kuat menjelaskan tentang nama istri Nabi Yusuf

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
JTak ada riwayat kuat menjelaskan tentang nama istri Nabi Yusuf. ejak Nabi Yusuf AS (ilustrasi)
Foto: republika
JTak ada riwayat kuat menjelaskan tentang nama istri Nabi Yusuf. ejak Nabi Yusuf AS (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebetulnya siapa perempuan yang menjadi istri Nabi Yusuf? Alquran tidak menyebut soal pernikahan Nabi Yusuf ataupun sosok perempuan yang menjadi istrinya.

Bahkan, hadits Nabi Muhammad SAW juga tidak mengungkapkannya. Ulama sejarah, Muhammad bin Ishaq memberi penjelasan dengan kemungkinan besar menukil perkataan seorang Ahli Kitab seperti yang dilakukan Ibn al-Qayyim dalam menjelaskan istri Nabi Yusuf. 

Ibn Ishaq memaparkan, Ahli Kitab itu menyampaikan bahwa ketika Nabi Yusuf memutuskan untuk meninggalkan godaan yang tidak bermoral dan lebih memilih penjara, Allah SWT kemudian membuat Nabi Yusuf berada dalam penjara yang ketat.  

Hal itu justru untuk melindungi Nabi Yusuf, menguak kebenaran tentang dirinya, dan supaya bisa menikah dengan perempuan tersayang. 

Ibn al-Qayyim memberi tanggapan atas penjelasan tersebut. Menurutnya, apa yang disebutkan itu tidak berarti cerita itu benar dan dia menilai cerita tersebut berasal dari Ahli Kitab. Sebab, Rasulullah SAW memerintahkan untuk tidak mempercayai dan tidak menyangkal Ahli Kitab. Nabi Muhammad SAW bersabda: 

لا تصدّقوا أهل الكتاب ولا تكذّبوهم، وقولوا: آمنّا بالله وما أَنزل إلينا وما أُنزل "Jangan percayai Ahli Kitab dan jangan menampiknya juga. Katakan saja, 'Kami beriman kepada Allah SWT dan apa yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan kepadamu (Nabi Muhammad SAW)". (HR Bukhari dari jalur Abu Hurairah) 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement