Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

Sunday, 16 Rajab 1442 / 28 February 2021

RB Leipzig Buang Peluang Kudeta Bayern Muenchen

Ahad 17 Jan 2021 00:48 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Ekspresi para pemain RB Leipzig.

Ekspresi para pemain RB Leipzig.

Foto: EPA-EFE/SASCHA STEINBACH
RB Leipzig hanya bermain imbang lawan Wolfsburg dan gagal geser Muenchen.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- RB Leipzig membuang peluang mengudeta Bayern Munich di posisi pemuncak klasemen Liga Jerman. Die Bullen hanya mampu bermain imbang 2-2 di markas Wolfsburg, Sabtu (16/1).

Leipzig kini memiliki 32 poin dan tertinggal satu poin dari Bayern yang baru akan memainkan pertandingan putaran ke-16nya pada Ahad, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Harapan Leipzig untuk membawa pulang tiga poin sempat membuncah saat Nordi Mukiele memecah kebuntuan ketika pertandingan baru berusia lima menit. Namun keunggulan itu hanya bertahan sampai menit ke-22, ketika tandukan Wout Werghorst membawa Wolfsburg menyamakan kedudukan. Itu sekaligus menjadi gol ke-11 Werghorst pada musim ini.

Wolfsburg kemudian berbalik memimpin saat Renato Steffen melepaskan tembakan dari jarak 18 meter yang terdefleksi Willi Orban, untuk membawa tuan rumah unggul pada menit ke-35.

Meski demikian Orban mendapat kesempatan untuk menebus kesalahannya dan menyelamatkan satu poin untuk Leipzig. Ia memaksimalkan bola muntah setelah kiper Koen Casteels menggagalkan sepakan Amadou Haidara, untuk mencetak gol penyama kedudukan padamenit ke-54.

Leipzig bukan satu-satunya tim papan atas yang gagal mengamankan tiga poin pada putaran ke-16. Nasib serupa juga diderita Borussia Dortmund yang ditahan imbang tamunya Mainz 05 dengan skor 1-1.

Hasil imbang itu membuat Dortmund tertahan di posisi keempat dengan 29 poin, sedangkan Mainz meninggalkan dasar klasemen dengan koleksi tujuh poin.

Erling Haaland sempat mencetak gol untuk Dortmund saat pertandingan baru berusia 90 detik, namun gol itu dianulir karena Thomas Meunier berada dalam posisi offside pada proses terjadinya gol.

Justru Mainz yang mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-57. Leven Oztunali bergerak cepat di sisi kanan dan setelah bergerak memotong melewati Mats Hummels, ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang tidak dapat dihentikan kiper Roman Buerki untuk masuk ke gawang tuan rumah.

Thomas Meunier kemudian menyamakan kedudukan untuk Dortmund pada menit ke-73. Sepakan mendatarnya melesak ke sudut bawah gawang Mainz yang dikawal kiper Robin Zentner.

Dortmund memiliki peluang besar untuk mengamankan tiga poin ketika Meunier dijatuhkan Alexander Hack di kotak terlarang tiga menit berselang, untuk membuat wasit menunjuk titik putih. Sayangnya, kapten Dortmund Marco Reus hanya mampu melepaskan sepakan melebar.

Werder Bremen berhasil kembali ke jalur kemenangan pada akhir pekan ini, setelah mereka menghantam Augsburg dengan skor 2-0.

Kedua gol kemenangan Bremen baru tercipta pada fase akhir pertandingan. Gebre Selassie mengemas gol pemecah kebuntuan saat pertandingan memasuki menit ke-84 dengan memanfaatkan umpan Felix Agu. Agu kemudian berganti peran menjadi pencetak gol pada menit ke-87, saat ia menyambar umpan silang Romano Schmid.

Kemenangan itu membawa Bremen naik satu strip untuk menghuni posisi ke-12 dengan 18 poin. Sedangkan Augsburg tetap berada di posisi ke-11 dengan 19 poin.

Dua pertandingan Liga Jerman lainnya yang dimainkan pada waktu yang bersamaan tidak menghasilkan pemenang. Cologne bermain imbang tanpa gol dengan Hertha Berlin, demikian pula laga Hoffenheim kontra Arminia Bielefeld yang berakhir dengan skor kacamata.



sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA