Sabtu 16 Jan 2021 22:42 WIB

Panasonic Kembangkan Augmented Reality di Display Mobil

Teknologi augmented reality Panasonic akan mulai diterapkan pada 2024.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Teknologi augmented reality di display mobil.
Foto: panasonic
Teknologi augmented reality di display mobil.

REPUBLIKA.CO.ID,  KADOMA--Panasonic rupanya jadi salah satu produsen elektronik yang tertarik untuk memperluas jangkauan teknologinya. Jenama asal Jepang ini tengah melakukan pengembangan head up display (HUD) untuk mobil.

Dilansir dari Car and Driver pada Sabtu (16/1), inovasi itu dikembangkan dengan menerapkan augmented reality (AR). Dengan begitu, maka pengendara pun akan semakin dimudahkan dalam mengetahui sejumlah informasi-informasi penting.

Baca Juga

Pengembangan yang dilakukan oleh Panasonic Automotive ini ditunjang oleh teknologi artificial intelligence (AI) yang mampu membaca sejumlah kondisi lalu lintas secara realtime. Beberapa informasi yang dibaca kemudian ditampilkan dalam HUD itu diantaranya adalah garis marka jalan dan sejumlah obyek yang ada di depan seperti pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Tak hanya itu, sistem ini juga mampu mendeteksi soal ketinggian sebuah jembatan atau terowongan. Dengan begitu, maka pengendara yang tengah membawa muatan yang tinggi pun dapat semakin dimudahkan.

Agar mampu bekerja secara optimal, sistem ini ditunjang oleh sensor optical yang mampu membaca kondisi dalam belasan meter kedepan meski dalam kondisi gelap. Sedangkan untuk mendeteksi obyek pada jarak sekitar 100 meter, sistem ini mempercayakan pada teknologi radar 3D imaging.

Selanjutnya, seluruh informasi itu ditampilkan tepat di atas dasboard pengemudi dengan 4K-resolution renderings dari laser and holographic technology.

Nah, agar informasi digital itu tetap dapat ditampilkan dengan baik meski kondisi jalan tengah bergelombang, maka sistem proyeksi HUD ini juga dibekali dengan vibration control. Dengan seluruh perpaduan ini, Panasonic yakin bahwa teknologi yang akan diterapkan pada 2024 ini mampu hadir sebagai penunjang keselamatan berkendara yang optimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement