Sabtu 16 Jan 2021 20:51 WIB

Sutradara Parasite Pimpin Tim Juri Venice Film Festival

Sutradara film 'Parasite', Bong Joon Ho, pimpin tim juri Venice Film Festival ke-78.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Sutradara film 'Parasite', Bong Joon Ho, pimpin tim juri Venice Film Festival ke-78.
Foto: Photo by Jordan Strauss/Invision/AP
Sutradara film 'Parasite', Bong Joon Ho, pimpin tim juri Venice Film Festival ke-78.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara "Parasite", Bong Joon Ho, akan memimpin juri utama Venice Film Festival ke-78 pada September 2021. Ini merupakan pertama kalinya sutradara dari Korea Selatan terpilih sebagai juri terbaik Lido.

Bong, yang sebelumnya tidak memiliki hubungan baik dengan Venesia, membuat sejarah pada 2020 ketika "Parasite" menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan film terbaik dalam hampir 100 tahun sejarah Academy Awards (dan tiga Oscar lainnya di atas itu), setelah memenangkan Palme d'Or Cannes pada 2019.

Baca Juga

"Venice International Film Festival membawa serta sejarah yang panjang dan beragam, dan saya merasa terhormat bisa ikut terlibat ke dalam tradisi sinematik yang indah ini. Sebagai presiden juri, saya siap untuk mengagumi dan memuji semua film hebat yang dipilih oleh festival. Saya sangat berharap dan bergembira," kata Bong, dilansir dari variety, Sabtu (16/1).

Direktur artistik Venesia, Alberto Barbera mengatakan, hal pertama dari kabar baik mengenai Venice Film Festival ke-78 adalah bahwa Bong Joon Ho dengan antusias setuju untuk memimpin juri. Barbera menyebut Bong sebagai salah satu suara paling otentik dan orisinal di bioskop seluruh dunia.

"Kami sangat berterima kasih kepadanya karena telah setuju untuk menaruh hasratnya sebagai seorang cinephile yang penuh perhatian, ingin tahu, dan tidak berprasangka buruk untuk menjalani festival kami. Merupakan suatu kebahagiaan dan kehormatan untuk bisa berbagi kegembiraan saat ini dengan pengagum yang tak terhitung jumlahnya, di seluruh dunia, dari film-filmnya yang luar biasa,” kata Barbera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement