Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Pentingnya Sholat Istikharah

Ahad 17 Jan 2021 05:45 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Pentingnya Sholat Istikharah

Pentingnya Sholat Istikharah

Foto: Republika/Prayogi
Istikharah yakni mengakui manusia tidak memenuhi syarat untuk membuat pilihan terbaik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dari Jabir bin Abdillah dia bercerita Nabi Muhammad SAW biasa mengajari para sahabat melakukan sholat istikharah dalam segala urusan, sama seperti dia akan mengajari mereka ayat-ayat Alquran.

Beliau bersabda, "Jika hendak mengambil keputusan, sholat dua rakaat, di luar sholat wajib, lalu ucapkan, 'Ya Allah! sesungguhnya aku memohon petunjuk kepada-Mu dengan ilmu-Mu, memohon ketetapan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon karunia-Mu yang agung. Karena sesungguhnya Engkau berkuasa, dan aku tidak. Engkau mengetahui, dan sedang aku tidak. Engkau mengetahui yang tersembunyi.

Ya Allah, jika Engkau tahu bahwa keputusan ini baik untukku dalam agama, kehidupan, dan akhirat, maka permudahlah bagiku, wujudkan, dan berkati aku melaluinya.

Baca Juga

Dan jika Engkau mengetahui bahwa keputusan ini buruk bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhirat, maka jauhkan urusan itu dariku dan jauhkan aku darinya, maka tetapkanlah kebaikan untuk aku di mana pun itu berada, dan jadikanlah aku orang yang ridha," (HR Al-Bukhari).

Dilansir di About Islam, sholat untuk pengambilan keputusan ini merupakan senjata yang begitu diperlukan dan harus dimiliki setiap Muslim dalam menjalani kehidupan mereka. Dalam membuat keputusan, besar atau kecil, seseorang hanya bisa memperkirakan kemungkinan hasilnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA