Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Tuesday, 29 Ramadhan 1442 / 11 May 2021

Sandiaga: MotoGP Mandalika Harus Geliatkan Ekonomi Rakyat

Sabtu 16 Jan 2021 20:00 WIB

Red: Didi Purwadi

Menteri Sandiaga Uno mengharapkan perhelatan event MotoGP Mandalika mampu memicu kebangkitan ekonomi daerah sekitar.

Menteri Sandiaga Uno mengharapkan perhelatan event MotoGP Mandalika mampu memicu kebangkitan ekonomi daerah sekitar.

Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Indonesia masuk daftar cadangan untuk penyelenggaraan ajang balap MotoGP 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan event MotoGP yang sedang diperjuangkan untuk digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, diharapkan nantinya mampu memicu kebangkitan ekonomi daerah sekitar. Bahkan, sebelum MotoGP benar-benar digelar, sirkuit Mandalika sudah harus bisa menggeliatkan kehidupan pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar masyarakat.

"Saya ingin MotoGP ini bukan hanya sekedar infrastrukturnya saja yang terbangun, tetapi juga sumber daya manusianya agar mereka bisa dengan cepat memanfaatkan peluang untuk membuka lapangan kerja," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, seperti dikutip dari Antara, Sabtu,

Indonesia diketahui masuk daftar cadangan untuk penyelenggaraan ajang balap MotoGP 2021. Karena itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus mengebut pengerjaan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Sirkuit didukung view Pantai Mandalika yang indah dan eksotik.

Saat mengunjungi KEK Mandalika, Sandiaga bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan rombongan sempat berkeliling di lintasan sirkuit. Mereka menggunakan sepeda motor listrik buatan putra-putra NTB.

Saat itu, ia mengapresiasi atas upaya-upaya percepatan pembangunan KEK Mandalika termasuk di dalamnya pembangunan lintasan MotoGP. "Dengan adanya sirkuit Mandalika, diharapkan dapat mengembangkan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism)," ujarnya.

 

Namun, sebelum MotoGP digelar, sirkuit Mandalika setiap pekan dan setiap bulan diharapkan tetap bisa menggelar event-event yang mampu menggeliatkan kehidupan pariwisata dan ekonomi kreatif di kalangan masyarakat.

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA